Bentuk Konsorsium Pariwisata, Wabup Minta Dukungan Media

TANJUNG REDEB – Pemkab Berau melalui Wakil Bupati, Agus Tantomo saat memberikan sambutan pada launching media online beraunews.com di Hotel Derawan Indah, Rabu (1/6/2016) lalu, pernah menyampaikan sektor pariwisata di negara Thailand yang didukung semua pihak, baik dari pemerintah, masyarakat maupun jurnalis.

Kini, Wabup Agus Tantomo kembali meminta kepada seluruh pihak agar bersatu padu dalam memajukan sektor pariwisata. Kondisi ini pun sejalan dengan program Pemkab, yang saat ini sedang gencar-gencarnya mempromosikan pariwisata Berau ke seluruh penjuru Indonesia dan dunia.

BACA JUGA : Soal Pariwisata, Wabup Minta Berau Contoh Thailand

Tak hanya kepada masyarakat dan instansi terkait lainnya, jurnalis, baik yang ada di cetak, elektronik dan online juga diminta dapat turut serta dalam hal promosi wisata ini agar lebih dikenal luas oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Dalam hal promosi, tentunya hal tersebut merupakan pekerjaan yang dapat dengan mudah dilakukan para jurnalis. Seperti, melalui pemberitaan akan potensi keindahan destinasi wisata. Hal itu disampaikan Wabup, Senin (15/8/2016), saat mengundang seluruh jurnalis yang ada di Berau dalam acara makan siang di rumah jabatan Wabup, Jalan Ramania I.

Di depan rekan jurnalis, Wabup kembali menceritakan agar program peningkatan sektor pariwisata ini dapat meniru negeri Gajah Putih Thailand. Jika dalam hal lain, masyarakat disana bersaing satu sama lain. Namun, dalam hal pariwisata, persatuan pun dapat terjalin kuat.

“Sebab mereka itu sudah sadar bahwa dari sektor inilah, mereka dapat berkembang dan memenuhi perekonomian. Jadi betul-betul dijaga kalau menyangkut pariwisata,” ujarnya.

Promosi wisata ini, dinilai Wabup, merupakan bagian yang cukup penting dan tak terpisahkan untuk memajukan sektor pariwisata. Dengan dukungan potensi wisata alam, bahari dan sejarah yang dimiliki Bumi Batiwakkal, tanpa adanya promosi yang cukup maka objek wisata ini tak akan dapat mendatangkan wisatawan.

“Oleh karena itu, saya minta agar teman-teman wartawan dapat mendukung program pengembangan wisata kita ini,” ujarnya.

Sesuai dengan program yang telah ditetapkan dengan menargetkan wisatawan mancanegara, dijelaskan Wabup, dalam waktu dekat ini Pemkab akan melakukan promosi wisata ke luar negeri. Dengan difasilitasi Kementerian Pariwisata, Berau juga akan turut mempromosikan potensi wisata yang dimiliki.

“Nah, disana nantikan berkumpul ribuan agen-agen travel dari berbagai dunia. Dengan promosi yang kita lakukan nanti diharapkan dapat menggaet agen-agen ini untuk melirik daerah kita. Ini menjadi peluang besar yang harus kita manfaatkan dengan maksimal. Karena pariwisata ini diharapkan menjadi penganti sektor pertambangan, perekebunan dan sektor lainnya yang kondisinya terus berkurang,” jelasnya.

Wabup juga mengungkapkan, Pemkab juga akan menjalin kerja sama dengan Salim Grup dan PT Sinar Mas untuk pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Berau. Seperti, kerja sama yang dijalin Pemprov DKI Jakarta dengan pengembang wisata Ancol, Jakarta.

“Saya berpikir kalau perusahaan ini dengan ribuan karyawannya setiap bulan pergi ke Derawan dan Maratua saja, dipastikan akan selalu penuh disana itu. Ini seperti di Ancol, kerja sama pemerintah dengan perusahaan swasta, maka kita juga akan bentuk konsorsium (perusahaan) pariwisata,” pungkasnya.(sai)