Target Utama Dari Ajang Pemilihan Duta Wisata

TANJUNG REDEB – Pemkab Berau melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, kembali menggelar pemilihan pemuda-pemudi yang mempunyai bakat dan potensi sebagai Duta Wisata Berau. Pemuda-pemudi Bumi batiwakal diajak untuk ikut serta dalam ajang ini, dengan misi khusus sebagai media promosi wisata daerah.

Hal ini disampaikan langsung oleh Saprudin Ithur, Kepala Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Berau, yang mengatakan pemilihan Duta Wisata bisa diikuti oleh siapa saja dengan kriteria usia antara 17 hingga 24 tahun.

Selain membuka wawasan, menambah pengalaman dan menjadi corong informasi terkait pariwisata Berau, Duta Wisata harus mampu menjadi nilai tambah untuk menarik para calon wisatawan untuk berkunjung ke Berau. Dengan kemampuan berbahasa inggris yang dimiliki masing-masing Duta Wisata, juga diharapkan bisa menjadi SDM sebagai tour guide atau pemandu wisata yang handal.

“Mereka (Duta Wisata) harus bisa mempromosikan dengan baik, terkait budaya dan wisata yang ada di Bumi Batiwakkal, khususnya kepada wisatawan luar daerah atau bahkan yang dari mancanegara,” katanya.

Diluar dari kepedulian mereka kepada pariwisata Berau, ada hal yang lebih penting yang mesti diimplementasikan para pemuda dan pemudi yang mengikuti ajang kompetisi Duta Wisata, yakni perilaku dan kepribadian yang telah diajarkan selama mengikuti pelatihan Duta Wisata.

Mereka yang sebelumnya tidak begitu mempedulikan penampilan menjadi lebih peduli dan bisa tampil sebagai anak muda yang rapi dan menarik. Tak hanya itu, gaya berbicara dan komunikasi kepada orang dilingkungan luar juga diharapkan dapat menjadi lebih tertata dengan baik.

“Kita juga mementingkan menang, tapi tidak sekadar menang, yang paling diharapkan dari pemilihan Duta Wisata ini hasil akhirnya adalah mereka bisa menjadi pribadi yang lebih baik dalam semua aspek kehidupan mereka,” ucapnya.

Selain itu, mampu membawa nama Berau, khususnya objek-objek wisata andalan Berau yang saat ini sudah terkenal, namun masih membutuhkan promosi lebih banyak untuk menyedot wisatawan baik domestik maupun mancanegara.(mta)