Jika Tak Ingin Jadi Penonton, Perhatikan Pesan Bupati Ini

MARATUA – Bupati Muharram, meminta warga pulau Maratua untuk tidak sembarangan menjual lahannya. Mengingat ada banyak investor yang  mengincar Pulau Maratua sebagai tempat ideal untuk berinvestasi. Maka kemungkinan berkurangnya lahan milik warga sangat memungkinkan. Pulau Maratua sendiri menyimpan potensi wisata yang mengagumkan. Sehingga, tak heran jika berbagai cara dilakukan investor untuk mendapatkan lahan di pulau ini.

Mengenai hal tersebut, Bupati menyarankan kepada seluruh masyarakat yang ada di wilayah Pulau Maratua untuk tidak sembarangan menjual tanah mereka kepada orang lain. Bisa saja mereka jual, tapi beberapa pertimbangan dengan tidak menjual semua lahan yang mereka miliki.

“Kalau bisa lahan itu jangan dijual semua, manfaatkan sebaik-baiknya. Kalau semuanya mereka jual, mereka hanya akan menjadi penonton saja dimasa yang akan datang karena di Pulau Maratua ini besar kemungkinan akan menjadi jendala wisata dunia,” tuturnya.

Perkembangan suatu daerah itu ditentukan oleh penduduknya sendiri. Untuk mewujudkan itu semua, masyarakat diminta untuk bekerja sama membangun Maratua dengan ramah lingkungan. Contohnya, menghilangkan kebiasaan melakukan aktivitas menangkap ikan dengan alat yang tidak ramah lingkungan, sebab itu hanya akan merusak potensi kekayaan yang ada di Pulau Maratua sendiri.

“Saya sudah tekankan dalam kesempatan pertemuan halal bi halal tadi agar jangan lagi ada yang ingin kaya mendadak dengan cara mengebom ikan dan sebaginya. Jika masih ada membudayakan hal seperti itu, maka sama saja mereka telah membunuh masa depan anak cucu mereka nanti,” pungkasnya.(ea)