Fasilitas Penunjang Wisata Banyak Rusak, Ini Tindakan Pemkab

TANJUNG REDEB – Guna mengoptimalkan sektor pariwisata, Pemkab menaruh perhatian khusus terhadap semua lini, termasuk fasilitas penunjang. Pasalnya, di beberapa lokasi wisata, masih ditemukan adanya  fasilitas penunjang seperti toilet dan lainnya rusak dan tak bisa digunakan sebagaimana fungsinya.

Wakil Bupati, Agus Tantomo mengaku khawatir dan prihatin dengan keadaan tersebut. Sebab, hal itu dinilainya berdampak pada citra pariwisata. Untuk mengatasi persoalan tersebut, dirinya bersama Bupati telah mendiskusikannya bersama SKPD terkait dalam rapat kerja beberapa hari yang lalu.

“Memang di beberapa tempat lokasi wisata kita saat ini, fasilitas penunjang seperti toilet umum banyak yang tidak bisa digunakan lantaran rusak, sehingga apa yang telah di bangun dengan menggunakan anggaran pemerintah itu jadi sia-sia. Kebetulan juga saat ini saya sedang berada di Pulau Derawan untuk memantau lagi dan mencoba bersosialisasi dengan warga disini,” ungkap Wabup saat dihubungi beraunews.com melalui saluran selular, Minggu (17/7/2016).

Langkah terbaik dalam membenahi sistem pengelolaan tempat wisata, khususnya fasilitas penunjang, dikatakan Wabup, dalam pembangunannya kedepanya akan direncanakan secara matang, sehingga fasiltas yang di bangun dapat dikelola dengan baik.

Bagi Wabup, perencanaan pembangunan yang ada tersebut kurang efektif, sehingga perlu dievaluasi kembali. Selain itu, rusaknya beberapa fasiltas publik yang telah di bangun di tiap lokasi wisata bisa saja dikarenakan kurang perhatian dari penduduk sekitar. Oleh karena itu, dirinya berharap kedepannya pembangunan fasilitas penunjang di lokasi wisata bisa satu paket dengan petugas keamanannya, sehingga apa yang telah di bangun bisa terjaga dan terawat dengan baik.

“Jika konsep perencanaan seperti itu, saya rasa apa yang telah dilakukan tidak sia-sia dan memberikan manfaat untuk kita semua. Jika ada petugas tetap di lokasi wisata yang membidangi semua itu, maka otomatis tempat wisata tersebut akan terkelola dengan baik pula,” tandasnya.(ea)