Antisipasi Dini, Pemerintah Kecamatan Pasang Plang “Awas Ada Buaya”

 

TALISAYAN – Terkait keberadaan predator di pantai wisata Talisayan yang berada di Kampung Talisayan, Kecamatan Talisayan, langsung mendapat respon dari Pemerintah Kecamatan Talisayan, dan Kampung Talisayan. Salah satunya dengan memasang plang atau tanda pemberitahuan adanya buaya di sekitar pantai.

Hal itu pun mendapat apresiasi positif dari masyarakat dan pengunjung, seperti yang diungkapkan salah seorang masyarakat setempat, Jajang Nurjaman. Ia mengatakan, apa yang dilakukan oleh pemerintah setempat sudah sangat tepat untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan.
 
Meskipun adanya buaya tersebut dapat mempengaruhi keberadaan objek wisata tersebut, namun pemerintah setempat lebih mengutamakan keselamatan masyarakat. Apalagi kata dia, keberadaan buaya memang cukup mengagetkan, terlebih kemunculannya di sekitar lokasi yang kerap jadi arena bermain anak-anak.
 
“Kita akui untuk bermain di sekitar pantai memang jadi cukup mengkhawatirkan. Tapi kita juga cukup salut dengan pemerintah di sini, yang cukup cepat memberikan respon untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya kepada beraunews.com, Senin (04/09/2017).

Kendati demikian, meskipun telah dipasangi plang berbahaya, namun tidak sedikit juga masyarakat yang masih berani beraktivitas di sekitar pantai. Misalnya saja mencari ikan dengan cara memancing maupun menjaring di sekitar pantai.
 
“Tetap hati-hati saja, lagi pula saya juga yakin, kalau kita tidak mengganggu dan tujuan kita untuk mencari rejeki, ya tidak apa-apa. Yang penting, tidak terlalu jauh ke dalam air,” beber Sarif.
 
Sementara itu, Camat Talisayan David Pamudji mengatakan, pemasangan plang tersebut telah dilakukan tidak lama setelah terekamnya sosok buaya di sekitar pantai wisata Talisayan oleh drone (kamera udara-Red) oleh masyarakat Talisayan. Pemasangan plang tersebut bertujuan agar pengunjung yang datang dapat lebih waspada, terutama saat bermain di sekitar pantai.
 
“Kita tidak ingin keberadaan buaya ini mengancam masyarakat, maupun pengunjung yang datang. Makanya, kita buatkan plang pemberitahuan di sejumlah titik. Terutama lokasi yang kerap menjadi tempat bermain anak-anak dan orang tua,” jelasnya.
 
BACA JUGA : Heboh!!! Buaya Terekam Drone di Pantai Wisata Talisayan
 
Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat yang berada di wilayah administrasinya, terutama yang bermukim di sekitar perairan yang dihuni buaya, untuk dapat menjaga jarak. Disamping itu, masyarakat juga diminta untuk tidak membuang sampah, baik itu di sungai maupun di sekitar pantai, agar tidak mengundang buaya lebih mendekat dengan pemukiman.
 
“Kita ingin beraktivitas di sekitar sungai atau pantai dapat lebih waspada, agar kejadian yang tidak kita inginkan dapat dihindari,” tandasnya.(bnc)
 
Wartawan: Hendra Irawan/Editor: Rita Amelia