Soal Foto yang Dipajang Di Bandara Kalimarau, Ini Kata Disbudpar Berau

 

TANJUNG REDEB – Kritikan Harry Gunawan alias Apoy, terhadap kesalahan atas foto berjudul Pulau Kakaban serta penggunaan dua foto yang diakuinya sebagai hak ciptanya, di salah satu ruangan di Bandar Udara Kalimarau, langsung mendapat tanggapan dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, Mappasikra Mappaseleng.

Saat dihubungi beraunews.com, Rabu (09/08/2017), diakui Mappasikra, foto berjudul Pulau Kakaban, yang dikatakan Apoy bukan merupakan Pulau Kakaban, melainkan Pulau Wayag di Kepulauan Raja Ampat yang terletak di Papua, pihaknya masih akan mendalami dan mencari kebenaran atas foto tersebut.
 
“Mungkin itu benar saja foto Pulau Kakaban, tapi diambil dari sudut yang berbeda. Bisa jadi sudut pengambilan yang berbeda ini yang menjadikan Pulau Kakaban di foto tersebut tampak berbeda dari foto yang biasa kita lihat. Namun kami akan tetap menelusuri foto tersebut, apakah memang Pulau Kakaban atau bukan,” ujarnya.
 
BACA JUGA : Foto Pajangan Pariwisata di Bandara Kalimarau Dinilai Ilegal, Kenapa Ya???
 
Terkait dengan dua foto yang digunakan tanpa ijin, sebagai pajangan di Bandar Udara Kalimarau, yakni foto Pulau Maratua dan Pulau Kaniungan, yang diakui Apoy sebagai hak ciptanya, Mappasikra mengatakan, pihaknya tidak terlalu mengetahui foto dari mana saja dan milik siapa saja yang digunakan pihak Bandara sebagai promosi pariwisata di Bandara tersebut.
 
“Kalau soal itu foto miliknya (Apoy-red) atau bukan, kami juga tidak mengetahui secara pasti ya. Sebab memang yang mengatur adalah dari Bandara. Mereka yang menentukan foto mana saja dan milik siapa saja yang digunakan. Kalau sama kami hanya sebatas koordinasi bahwa akan ada pemajangan foto-foto untuk promosi pariwisata di Bandara. Nah yang mengatur selanjutnya dari Bandara,” jelasnya.
 
Pernyataan dari pihak Bandara Udara Kalimarau akan dimuat dalam berita selanjutnya. (bnc)
 
Wartawan: Marta/Editor: Rita Amelia