Pantai Ulingan Surut Pengunjung, Ini Kata Kadisbudpar

 

TANJUNG REDEB- Pantai Ulingan yang ada di Kecamatan Pulau Derawan sempat menjadi destinasi wisata alternatif yang bisa dikunjungi saat akhir pekan. Namun, minimnya perawatan dan kurangnya pengelolaan membuat Pantai Ulingan mulai surut peminat.

Anggota DPRD Berau, Achmad Rijal pernah berkunjung ke lokasi tersebut dan menanggapi jika memang masih banyak fasilitas yang perlu ditambah di lokasi tersebut. Namun, mengingat kondisi keuangan yang ada, hal tersebut belum jadi prioritas.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, Mappasikra Mappaseleng mengatakan, jika di daerah tersebut merupakan lahan warga, dimana tak sedikit warganya membangun rumah di daerah tersebut. Pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan masyarakat di lokasi tersebut untuk melakukan pembenahan atau jika memang lokasi tersebut ingin dikunjungi wisatawan setidaknya dikelola dengan baik.

"Soal itu kami sudah sampaikan kepada masyarakat atau pemilik lahan untuk menata lebih baik kalau perlu lokasi itu ditutup dulu sambil dibenahi perlahan, jika memang sudah siap bisa dibuka kembali dengan fasilitas yang sudah ok," ungkapnya kepada beraunews.com, Rabu (02/08/2017).

BACA JUGA : Objek Wisata Baru Pantai Ulingan Perlu Pembenahan

Dikatakannya, penataan yang dimaksud misalnya seperti rumah-rumah yang ada diatur jaraknya dengan bibir pantai dan juga buat wadah wisatawan untuk beristirahat yang teduh dan nyaman bahkan untuk tempat beribadah juga.

 

"Kami sudah beri masukan kepada pemilik lahan disana untuk itu, jika memang mereka menarik retribusi dari pengunjung saya kira pengunjung tidak masalah, selama mereka juga mendapatkan fasilitas yang nyaman di sana," tambahnya.

Bisa diambil contoh seperti Bumi Bangun Lestari (BBL) di Kampung Bangun, Kecamatan Sambaliung. Di lokasi tersebut pengelolaannya baik, dengan konsep kekinian. Kami juga sudah komunikasi kepada mereka untuk terus berekspresi membangun wisata itu dan tak lupa soal kebersihannya.

"Bisa contoh BBL yang sekarang banyak dikunjungi. Saya rasa di Pantai Ulingan juga bisa seperti itu asal pemilik lahan mau mengelolanya. Kami dari Pariwisata siap membantu konsep yang akan dibuat untuk lebih menarik minat pengunjung," jelasnya.

Mappasikra berharap lokasi tersebut bisa dikelola dengan baik oleh pemilik lahan, sehingga Pantai Ulingan terus menarik minat pengunjung, apalagi wisata seperti ini bisa ditempuh melalui jalur darat yang hanya beberapa jam saja.

"Kita harap bisa dikelola dengan baik, yang penting memang fasilitas dan juga kebersihan pantai. Jika itu ada, potensi besar lokasi itu akan ramai dikunjungi, dan kami dari pariwisata sudah bantu," pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia