Pulau Manimbora Perlu Perhatian Khusus

 

BATU PUTIH – Pulau Manimbora merupakan salah satu dari banyak wilayah di kepulauan yang ada di Kabupaten Berau. Pulau Manimbora sendiri ternyata memiliki daya tarik wisata bahari hingga taman bawah lautnya yang memanjakan mata.

Pulau Manimbora yang berada di Kecamatan Batu Putih, merupakan salah satu pulau yang juga tidak kalah menakjubkan dari sisi pemandangannya. Pulau Manimbora juga dijuluki wisatawan mancanegara sebagai pulau Spongebob lantaran bentuk pulaunya yang menyerupai pulau di serial animasi itu.

Selain itu, Pulau Manimbora juga menyimpan beberapa misteri seperti adanya tulang belulang manusia dan situs peninggalan sejarah, yakni dengan adanya Makam Berkelambu dan juga Nisan yang mirip dengan kepunyaan suka Bajau di Malaysia.

Tetapi, apa jadinya bila taman bawah laut yang menakjubkan juga menjadi tempat bermainnya ikan-ikan cantik tersebut, dijumpai dalam keadaan hancur?

“Dari observasi untuk menggali potensi pariwisata Batu Putih, kami menemukan beberapa bagian terumbu dan biota lautnya yang hancur di beberapa titik, entah karena faktor alam ataupun non alam,” ungkap Tim Unit Pariwisata BUMK Batu Putih, Ibrahim, ketika dihubungi beraunews.com, Senin (10/07/2017).

 

Sungguh miris bila nantinya biota maupun taman bawah laut yang ada di Pulau Manimbora tersebut mengalami ketidakseimbangan ekosistem. Maka, tentu perlu adanya inisiatif sebagai wisatawan lokal mapun non lokal untuk tetap menjaga dan melestarikan wisata di daerah tersebut.

Selain itu, Ibrahim juga menggungkapkan beberapa masalah yang ada di sana, yang harus mendapat penanganan cukup serius, salah satunya total gugusan Pulau Manimbora yang sudah mengalami penyusutan sehingga perlu dilakukan pencegahan abrasi.

“Oleh karenanya, kami menanyakan bagaimana cara penanganan permasalahan tersebut, dan kami berharap kepada instansi-instansi terkait khususnya kepada Dinas Pariwisata, Dinas Perikanan dan Kelautan serta pemerintah daerah untuk mengkaji sehingga bisa diadakan langkah-langkah penanganan dan pencegahan. Selain itu, kami juga berharap semoga Pulau Manimbora ini juga bisa diangkat sebagai salah satu destinasi wisata untuk wilayah pesisir,” tutupnya.(bnc)

Wartawan: Miko Gusti Nanda/Editor: R. Amelia