Promosi Wisata Berau Lewat Dunia Perfilman

 

TANJUNG REDEB – Sebagai bentuk promosi pariwisata Berau yang tak ada habisnya, baik Pemkab maupun masyarakat yang berdomisili di destinasi wisata, terus melakukan inovasi-inovasi terbaru untuk menggenjot kunjungan wisatawan.

Salah satunya seperti yang dilakukan pemilik Derawan Fisheries, Harry Gunawan, yang merencanakan akan membuat film bertema romansa dengan mengambil latar tempat beberapa destinasi wisata andalan di Berau. Hal ini diungkapkannya saat berbincang dengan beraunews.com, Senin (06/03/2017).

Dikatakannya, ide pembuatan film lokal tersebut muncul saat Kementerian Pariwisata mengimbau kepada seluruh daerah yang memiliki potensi wisata untuk mempromosikannya lewat cara-cara yang mudah diterima masyarakat, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial dan melalui karya seni, yakni dunia perfilman.

Dengan difasilitasi oleh rumah produksi film lokal miliknya, Fisheries Film, dijelaskannya rencana pembuatan film tersebut akan digawangi oleh tenaga profesional yang memang berkutat di dunia perfilman.

"Ini adalah inovasi terbaru dari kami. Selama ini, Berau belum pernah memproduksi film sendiri, apalagi yang sampai menjual tempat wisata sebagai lokasi pengambilan gambarnya," ujar pria yang akrab disapa Apoy ini.

Dengan inovasi tersebut, meski promosi pariwisata tidak secara langsung, namun ia meyakini kunjungan wisatawan akan terus bertambah dengan melihat lokasi pengambilan gambar film yang indah, seperti Pulau Derawan, Maratua, Kakaban, Sangalaki, hingga Biduk-Biduk.

"Kita promosi secara tidak langsung. Tapi akan membuat para penonton bertanya dimana tempat indah ini, nah di situ nilai jual Berau," katanya.

Untuk merealisasikan pembuatan film tersebut, rencananya pihaknya akan melakukan seleksi untuk talent atau aktris dan aktor pemeran film yang dimaksud. Sejauh ini pihaknya masih merencanakan hal tersebut secara internal, meski begitu akan tetap diupayakan agar segera terealisasi dan menjadi inovasi promosi wisata daerah.

"Kami akan bekerjasama dengan pihak yang memang sudah profesional dalam dunia perfilman, jadi kualitas film tidak amatiran. Kita akan lakukan casting di Berau, melibatkan anak Berau, khususnya yang remaja," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia