Wisatawan Minta Pengelola Perhatikan Keamanan Objek Wisata

 

TALISAYAN – Bukan rahasia lagi jika Kabupaten Berau kaya akan objek pariwisata, baik wisata bahari maupun wisata alam. Tidak sedikit juga potensi wisata yang mulai banyak ditemukan di berbagai wilayah, yang kini mulai dikembangkan oleh pemerintah kampung masing-masing guna menarik pengunjung. Kendati demikian, dalam pengelolaan potensi wisata tersebut, kadang kala pihak pengelola lupa akan bahaya yang dapat mengancam wisatawan yang datang berkunjung.

Seperti yang diungkapkan Sopian Dedi Putra, warga Tanjung Redeb yang gemar menjelajahi objek wisata lokal. Ia menyampaikan, Berau memang memiliki destinasi wisata yang sangat menarik dan cukup beragam. Hanya saja, dari sejumlah objek wisata tersebut juga perlu dijamin, apakah potensi tersebut sudah benar-benar aman untuk dikunjungi, atau tidak? Jaminan keamanan bagi sebuah objek wisata menurutnya amat penting demi kenyamanan dan kesenangan pengunjung yang datang.

“Kita akui semua objek wisata punya bahaya sendiri-sendiri. Tetapi setidaknya, pihak pengelola juga dapat memastikan keamanan kita sebagai pengunjung,” ujarnya kepada beraunews.com, Senin (20/02/2017) saat berada di Kampung Talisayan.

Memastikan keamanan pengunjung saat berwisata memang cukup mendasar. Sebab, hampir sebagian besar spot-spot pariwisata yang biasa dikunjungi warga lokal saat musim liburan, tidak memiliki pengawasan yang memadai.

“Jadi menurut saya wajar saja. Karena setiap pengunjung yang berwisata pasti ingin aman dan nyaman,” bebernya.

Sementara itu, salah seorang rekan seperjalanannya, Rika Wulandari, juga mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, salah satu faktor pengunjung betah berlama-lama berwisata adalah faktor keamanan. Pasalnya, meskipun ada objek wisata yang selalu dikunjungi warga, belum tentu sepenuhnya aman. Seperti Pulau Derawan, Labuan Cermin, objek wisata air terjun di Teluk Sumbang, Tulung Ni’ Lenggo,  diakuinya pengawasannya masih terbilang minim. Dirinya tidak ingin insiden seorang pengunjung digigit ular berbisa di objek wisata air terjun yang ada di Kecamatan Segah, kembali terulang.

BACA JUGA : Asyik Bermain, Pengunjung Air Terjun Tembalang Digigit Ular Berbisa

“Hanya menjaga saja, agar tidak ada lagi pengunjung yang bernasib seperti itu. Untuk itu, kita ingin objek wisata yang baru akan dikembangkan lebih baik memastikan keamanannya sebelum dibuka untuk umum, begitu juga objek yang sudah lama dikembangkan, harapannya dapat lebih meningkatkan keamanan objek wisatanya,” bebernya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia