100 Warga Tiongkok Akan Serbu Berau

 

TANJUNG REDEB – Kepala Dinas Pariwisata Mappasikra Mappaseleng mengaku, dalam waktu dekat, kurang lebih 100 warga Tiongkok akan datang ke Kalimantan Timur. Dari jumlah tersebut, sebagian besar diprediksi akan menghabiskan waktu di Kabupaten Berau untuk mengunjungi sejumlah objek wisata unggulan, seperti Derawan, Maratua, Kakaban dan Pulau Sangalaki yang terkenal dengan Pari Mantanya.

Dikatakannya, kedatangan para wisatawan asal Tiongkok ini tentunya menjadi kesempatan baik dalam mempromosikan objek wisata bahari andalan Berau hingga tingkat internasional. Apalagi pemerintah memang menargetkan untuk meningkatkan kunjungan wisata bagi wisatawan Tiongkok.

"Ini yang kemarin saya sampaikan kepada Kepala Dinas Pariwisata Provinsi waktu pra Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) di Samarinda. Saya katakan bagaimana dengan kedatangan wisatawan Tiongkok, Pemprov Kaltim dapat membantu mempermudah akses menuju objek wisata yang selama ini cukup jauh agar bisa dipersingkat," ungkapnya kepada beraunews.com, Rabu (15/02/2017).

BACA JUGA : Saat Ini, Bandara Maratua Masih Sebatas Didarati Pesawat ATR

Meski rencana kedatangan wisatawan ini belum dipastikan waktu dan tanggalnya, namun hal ini harus segera diantisipasi sejak dini. Terlebih jika saat ini keberadaan bandar udara Maratua telah siap untuk dioperasikan, hal inipun dinilai sebagai langkah yang baik bagi Pemprov dan Pemkab untuk berkoordinasi terkait pernerbangan komersil ke bandar udara tersebut, agar dapat segera terealisasikan.

"Sudah saya sampaikan bagaimana Pemprov untuk berkomunikaai dengan maskapai penerbangan agar dapat membuat rute penerbangan ke Maratua minimal 1 minggu sekali, sehingga akses menuju objek wisata Berau lebih mudah dan cepat. Mempersingkat waktu, efisien dan wisatawan pasti akan puas," sambungnya.

Sebagai bentuk keseriusan dalam hal peningkatan objek wisata di Kabupaten Berau ini, Pemkab dan Pemprov harus berkoordinasi untuk mendesak pemerintah pusat agar rute menuju Pulau Maratua segera direalisasikan.

"Kalau Pemkab dan Pemrpov koordinasi untuk rute Maratua ini, saya rasa maskapai besar juga akan mau kerjasama. Apalagi Maratua tengah diusulkan menjadi salah Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK)," tutupnya.(bnc)

Wartawan: M.S. Zuhrie/Editor: R. Amelia