Ini Salah Satu Langkah Berau Kembangkan Pariwisata

 

TANJUNG REDEB – Langkah Pemkab dalam memajukan sektor pariwisata kian mantap. Salah satu yang kemudian akan diprogramkan ialah memperbanyak baliho maupun poster yang memuat gambar satwa dan biota laut yang dimiliki Berau, yang menjadi daya tarik wisatawan.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo, saat berbincang dengan beraunews.com, Kamis (09/02/2017). Dikatakannya, cara tersebut dapat meningkatkan minat kunjungan wisatawan ke destinasi wisata Berau, apalagi pada setiap destinasi menyimpan kekayaan alam yang beragam, mulai dari biota, flora hingga faunanya.

"Kita sekarang ini fokus membangun pariwisata, banyak cara yang bisa kita lakukan. Salah satunya mungkin dengan mengganti poster dan baliho yang isinya gambar wajah Bupati, Wabup, dan pejabat lainnya yang banyak di pinggiran jalan itu, dengan gambar penyu, hiu tutul, pesut, bekantan dan lain-lain kekayaan alam kita. Tujuannya, supaya orang-orang lebih mengenal dan mengetahui bahwa kita punya semua itu," ungkapnya.

Tak hanya baliho dan poster yang kerap dipajang di pinggiran jalan tengah kota, ia juga mengusulkan agar di setiap hotel, restoran, bandar udara maupun tempat umum lainnya, untuk berpartisipasi memperkenalkan kekayaan alam Bumi Batiwakkal, baik lewat spanduk, brosur dan lain-lain.

"Kalau seperti di bandar udara, misalnya ada wisatawan datang mereka tidak perlu lagi bertanya ke mana-mana, dimana itu Pulau Derawan, dimana itu Maratua atau Kakaban, atau dimana itu Labuan Cermin. Semua sudah bisa dijawab dengan adanya brosur ataupun poster yang berisikan informasi seputar destinasi wisata tersebut. Termasuk peta ataupun apa saja yang dapat dikunjungi dan dinikmati di sana," jelasnya.

Dengan demikian, ia yakin sektor pariwisata Berau akan lebih maju dari daerah lainnya. Sebab apa yang saat ini dimiliki Berau, mulai dari kepulauannya, satwa dan biota lautnya termasuk lengkap dari daerah lainnya.

"Tinggal bagaimana kita mengelola, memperkenalkan, menjaga dan merawat apa yang kita punya. Jangan sampai anugerah yang luar biasa ini kita sia-siakan begitu saja," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia