Pulau Kaniungan, Surganya Macro Underwater

 

BIDUK-BIDUK – Keindahan objek wisata di wilayah Kabupaten Berau tak pernah ada habisnya. Jika Pulau Kakaban terkenal akan ubur-ubur jinaknya, lain halnya dengan Pulau Kaniungan di Kecamatan Biduk-Biduk. Pulau yang luasnya hampir menyerupai Pulau Derawan ini, selain dikenal akan keindahan pasir putihnya, rupanya juga menjadi surga tersembunyi bagi pencinta foto macro underwater photography.

Seperti yang diungkapkan Ashar, warga Samarinda, pria berkulit sawo matang dan juga salah satu pencinta wisata bawah laut ini, mengaku terpesona dengan keindahan bawah laut Pulau Kaniungan. Memang diakuinya sebagian karang telah rusak akibat banyaknya pengeboman ikan yang dilakukan nelayan, namun saat ini terumbu karang di sepanjang bibir pantai sudah mulai kembali seperti sedia kala.

"Ini sangat cocok bagi pencinta foto underwater, khususnya foto-foto macro. Karena ikan berbagai jenis berwarna-warni cukup banyak, dan membuat kita kebingungan mau memfoto yang mana," ungkapnya, Sabtu (14/01/2017).

 

Hal senada juga diutarakan Zaiwa Irawan, salah satu pencinta fotografi di Kabupaten Berau. Ia mengaku kaget saat melihat isi dalam laut Kaniungan. Meski telah kerap kali ke pulau ini, namun ia baru pertama kali melakukan penyelaman, dan diakuinya memang mengagumkan.

"Saya menyesal tidak membawa camera underwater waktu ke sini, saya pikir sama dengan tempat lain, rupanya di sini tidak kalah bagus dengan Derawan atau Pulau Kakaban. Ikannya cantik-cantik, karangnya mulai banyak juga, bagus banget pokoknya," ujarnya.

 

Selain dapat menikmati keindahan bawah lautnya, pulau yang masih alami dengan rindangnya pepohonan kelapa, menambah suasana semakin mengasyikkan. Bahkan jika beruntung, wisatawan bisa menikmati kawanan lumba-lumba yang tengah asik bermain.

Untuk dapat menuju pulau ini, kini cukup mudah, dimulai dari menempuh perjalanan darat selama 5 jam dari Tanjung Redeb, serta menyewa kapal penyeberangan milik nelayan setempat sebesar Rp500 ribu untuk pulang pergi (isi 1 penumpang atau lebih), wisatawan sudah bisa menuju pulau yang berada tepat di ujung selatan Kabupaten Berau ini.(bnc)

Wartawan: M.S. Zuhrie/Editor: R. Amelia