Wabup Minta Batu Lungun Diinventarisasi Disbudpar

 

TANJUNG REDEB – Wakil Bupati Berau Agus Tantomo menekankan, akan segera melakukan inventarisasi makam Batu Lungun, atau makam kuno di Kampung Merasa Kecamatan Kelay, yang saat ini diketahui banyak dicuri oleh oknum tak bertanggungjawab. Proses inventarisasi itu akan dilakukan langsung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Berau.

Wabup juga mengatakan, nantinya Disbudpar akan diperintahkan untuk membentuk tim khusus, dan segera melakukan pendataan jumlah makam Batu Lungun dan jumlah lokasi yang telah ditemukan.

“Saya sudah dengar soal wisata itu, dan saya akan segera perintahkan Disbudpar untuk mengamankan. Maksudnya mengamankan disini adalah bagaimana caranya agar makam kuno yang belum terjamah itu, bisa tetap utuh bentuk dan isinya. Atau kalau tidak bisa mengamankan di lokasi, bagaimana caranya barang-barang itu dipindahkan ke tempat yang aman,” tegasnya saat berbincang dengan beraunews.com, Jumat (06/01/2017).

BACA JUGA : Batu Lungun, Objek Wisata yang Terlupakan

Proses pendataan ini harus segera dilakukan. Bukan semata untuk mencegah terjadinya pencurian, namun juga menjaga nilai sejarah yang terkandung di objek wisata tersebut. Apalagi saat ini memang pemerintah daerah sedang mengembangkan potensi wisata di Berau, agar semakin maju demi penguatan ekonomi warga.

“Yang mahal itu kan nilai sejarahnya, jadi ini sangat perlu untuk dilestarikan dan dikembangkan, apalagi katanya sudah pernah melapor ke Disbudpar kabupaten dan provinsi tapi tidak ditanggapi sampai rusak begitu. Jadi sekarang saatnya kita benahi dan kita kembangkan. Kalau itu maju, siapa yang untung? warga juga kan. Kalau warganya makmur berarti kita berhasil,” imbuhnya.

 

Sementara itu, menyikapi soal instruski Wabup itu, Kepala Disbudpar Berau, Mappasikra Mappaseleng saat dikonfirmasi, mengaku belum menerima arahan tersebut secara langsung.

“Nanti saya akan konfirmasi lagi, dan kalau benar kita akan segera bergerak,” tutupnya.(bnc)

Wartawan: M.S. Zuhrie/Editor: R. Amelia