Potensi Wisata Pesisir Selatan Berau ‘Belum Habis’

 

TALISAYAN – Tak dipungkiri lagi, jika lima kecamatan di pesisir selatan Berau masih memiliki potensi terpendam dan belum terkelola dengan baik, khususnya sektor pariwisata. Bahkan saat ini, banyak pemerintahan kampung yang tengah gencar mempromosikan potensi wisata di wilayahnya masing-masing. Misalnya Kampung Tembudan dengan Tulung Ni Lenggo, Kampung Talisayan dengan hiu paus, dan gua Rimaungnya. Dan banyak lagi potensi yang belum tergarap namun memiliki daya tarik untuk dikunjungi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, Mappasikra Mappaseleng mengungkapkan, mengingat luasnya wilayah di pesisir selatan Berau, tentu memiliki berbagai potensi yang bisa dikembangkan, salah satunya adalah pariwisata. Namun diakuinya masih banyak potensi yang belum terkelola maksimal.

“Saya yakin, masih banyak yang belum kita diketahui. Apalagi hutan disana masih luas. Tidak dipungkiri jika masih banyak potensi alam lainnya yang masih tersembunyi,” ungkap mantan Kadistamben ini saat ditemui beraunews.com, Rabu (03/01/2017).

Kesadaran dalam pentingnya mengelola potensi wisata alamnya, dapat mendongkrak PAD (Pendapatan Asli Daerah) kampung, sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Kami sangat mendukung setiap gagasan dan langkah yang dilakukan pemerintah kampung disana (pesisir-red). Terutama dalam mengelola wisata yang dimiliki masing-masing kampung,” terangnya.

Lebih lanjut, ketika ditanya mengenai rencana selanjutnya yang akan dilakukan guna mendongkrak potensi wisata wilayah pesisir tersebut, ia mengatakan, pihaknya akan membantu semaksimal mungkin. Khususnya dalam pengembangkan wisata yang saat ini sedang digalakkan pemerintah kampung.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan ikut berperan dalam membantu mempromosikan wisata tersebut, agar kedepannya menjadi tujuan wisatawan lokal.

“Saya juga berencana meninjau langsung ke lapangan, sekaligus untuk mengetahui kebutuhan maupun kekurangan apa saja yang harus dibenahi kedepannya,” pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia