Mantan Kepala Kampung Pulau Derawan, Benarkan Jika Pelaku Wisata Derawan Masih Belum Maksimal

PULAU DERAWAN – Terkait banyaknya kritik tentang pelayanan yang dilakukan pelaku wisata Pulau Derawan, seperti yang diungkapkan salah seorang wisatawan, Nasrudin Anshori yang menyebut rendahnya SDM pelaku wisata Derawan, ternyata juga diamini oleh mantan Kepala Kampung Pulau Derawan, Bahri.

Ia mengatakan, apa yang disampaikan sejumlah wisatawan tentang SDM pelaku pariwisata yang ada dikampungnya tersebut, memang belum begitu maksimal dan memuaskan dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan.

“Saya sempat membaca komentar, dan kritik itu. Itu benar, dan memang dalam SDM pelaku wisata kita masih banyak kekurangan,” ungkapnya saat dihubungi beraunews.com, Kamis (22/12/2016).

BACA JUGA : Wisatawan Keluhkan SDM Pelaku Wisata Derawan

Lebih lanjut dikatakannya, dengan adanya keluhan dari wisatawan yang datang berkunjung tersebut, dirinya menganggap, hal itu merupakan hal yang positif untuk meningkatkan pelayanan kepada wisatawan yang datang ke Pulau Derawan.

“Setidaknya ini menjadi kritik yang membangun untuk menjadikan Derawan menjadi lebih baik lagi,” bebernya.

Sebenarnya, kiritikan terhadap pulau destinasi wisata terkemuka di Kalimantan Timur tersebut sudah cukup lama disampaikan pengunjung. Baik dari media online maupun media cetak. Ia juga mengakui, bahwa akomodasi yang disiapkan pelaku wisata dari Tarakan, Kaltara memang lebih murah daripada yang ada di Kabupaten Berau.

BACA JUGA : Soal Keluhkan SDM Pelaku Wisata Derawan, Ini Kata Disbudpar

Meski begitu, walalupun Pulau Derawan selalu dibanjiri kritikan, baik itu terkait segi pelayanan, maupun sampah yang kerap berserakan disekitar pantai Derawan. Namun, antusias masyarakat yang datang berlibur tidak pernah berubah. Bahkan disampaikannya, saat ini pengunjung Pulau Derawan cukup ramai, berlibur saat musim libur panjang.

“Sepertinya dengan kritikan itu tidak ada yang berubah, sepertinya kalah dengan kepopuleran Pulau Derawan. Hingga hari ini, pengunjung masih ramai datang berlibur ke Derawan. Kita tetap berharap, apa yang telah disampaikan (kritik-red) dapat menjadikan Pulau Derawan menjadi lebih baik lagi,” bebernya.(Hendra Irawan)