Penasaran, Sebab Utama Wisatawan Serbu Objek Wisata Berau

 

TANJUNG REDEB – Libur panjang menjadi waktu yang pas untuk berlibur bersama keluarga maupun teman ke tempat-tempat wisata. Seperti yang terlihat di Pulau Derawan, Kecamatan Derawan. Sejak Jumat (9/12/2016) seluruh homestay dan juga penginapan telah dipenuhi para wisatawan.

Baco, salah satu pengelola penginapan di Pulau Derawan mengaku, dari tanggal 9-12 Desember 2016, seluruh penginapan miliknya telah dipenuh oleh pesanan. Bahkan, sejumlah rumah warga juga telah dipenuhi pengunjung.

"Semua penuh, ini kamar tidak ada yang kosong, di kampung juga sama penuh. Libur panjang kali ini cukup ramai, selain lokal Berau, banyak juga dari Samarinda dan luar Kaltim," ungkapnya kepada beraunews.com, Minggu (11/12/2016).

 

Sementara itu, Mely, salah satu wisatawan asal Samarinda mengaku sengaja datang bersama teman-temanya ke Pulau Derawan hanya untuk menghabiskan libur panjang kali ini. Ia memutuskan berlibur ke Pulau Derawan lantaran penasaran dengan keindahan bawah lautnya.

"Ini pertama kali saya kesini sama teman-teman, setelah sekian lama ingin kesini, baru ada kesempatan sekarang. Kita kesini karena Derawan itu terkenal keindahan bawah lautnya dan ternyata memang betul indah," ungkapnya kepada beraunews.com, Minggu (11/12/2016).

Hal senada juga diungkapkan Hendrik, wisatawan asal Kalimantan Tengah. Ia yang datang bersama istrinya mengaku mengetahui Pulau Derawan dari internet dan media sosial. Keinginanya berlibur ke Pulau Derawan semakin tinggi tatkala diperlihatkan video keindahan bawah laut Derawan dan pulau sekitarnya.

"Pas sampai sini langsung puas banget, Derawan itu memang indah, bahkan jauh lebih indah dari yang saya bayangkan. Hanya saja kebersihan merupakan permasalahan yang menurut saya harus segera dibenahi. Selebihnya oke banget," ujarnya.

 

Selain ke Pulau Derawan, Hendrik berencana menghabiskan masa libur panjang ini di Pulau Maratua dan berenang bersama dengan ubur-ubur di Pulau Kakaban.

"Saya baca di medsos, Maratua itu keren, sama pulau ubur-ubur, saya sama istri ingin kesana. Sayang kalau dilewatkan karena Kalteng sama Berau jaraknya cukup jauh, jadi saya harus habiskan libur panjang ini mengunjungi semua objek wisata yang ada," tuturnya.

Bukan hanya Pulau Derawan yang menjadi sasaran wisatawan untuk berlibur, Pulau Kaniungan yang terletak di Selatan Kabupaten Berau, juga diserbu wisatawan lokal maupun wisatawan dari Samarinda, Balikpapan dan dari Pulau Jawa.

Ridwan, salah satu wisatawan asal Samarinda mengatakan, jika ia mengetahui Pulau Kaniungan dari media sosial dan sempat bertanya-tanya dengan rekan-rekannya di Berau. Melihat ada waktu libur yang cukup, ia pun datang untuk menghilangkan rasa penasarannya.

"Awalnya dari medsos, foto-foto pulau ini keren dan memang suasana enak kalau untuk liburan. Terumbu karang banyak dan tak jauh dari tepi pantai," ungkapnya.

 

Dikatakannya, selain Pulau Kaniungan ia juga sebelumnya sempat pergi ke air terjun di Teluk Sumbang, dan berencana akan ke Labuan Cermin yang sebelumnya lebih dulu terkenal dibanding Pulau Kaniungan.

"Pagi tadi ke Teluk Sumbang dulu baru ke Kaniungan ini, rencana Senin besok mau ke Labuan Cermin sebelum kembali ke kampung halaman di Samarinda," tambahnya.

Ia berharap pulau ini bisa dilengkapi berbagai fasilitas yang dapat memudahkan wisatawan, baik WC umum ataupun tempat ganti pakaian yang dirasa masih kurang.

"Ada sih WC atau tempat ganti pakaiannya itu. Tapi kalau pengunjung banyak seperti hari-hari libur begini kan lama antrinya. Harapannya fasilitas itu bisa ditambah lagi," pungkasnya.(M.S. Zuhrie/Dedy Warseto)