Saat Ke Pesisir Selatan Berau, Objek Wisata Ini Sayang Dilewatkan

 

BATU PUTIH – Tak banyak yang mengetahui jika di Kampung Tembudan Kecamatan Batu Putih memiliki sejumlah objek wisata yang mengagumkan. Meskipun keberadaannya belum setenar danau dua rasa yang ada di Biduk-Biduk. Namun tak ada salahnya jika objek wisata alternatif ini, masuk dalam daftar wisata kunjungan saat melancong ke pesisir selatan Berau.

Ada sejumlah objek wisata alam di kampung tersebut, seperti gua kelelawar, danau biru, dan telaga biru. Selain indah, lingkungannya pun dipastikan masih sangat alami. Bahkan, tak jarang pengunjung yang datang, tak akan pulang jika belum mengabadikan gambar di objek wisata tersebut.

 

Dikatakan salah seorang warga disana, Nariansyah (38), sejumlah objek wisata tersebut memang sudah lama diketahui masyarakat, khususnya di Kecamatan Batu Putih, hanya saja belum terekspos secara luas.

"Sebenarnya ini sangat bagus. Apalagi objek wisata ini masih alami," ujarnya kepada beraunews.com, Rabu (7/9/2016).

 

Ia mengatakan, objek wisata tersebut harus dijaga, baik pemerintah kampung maupun masyarakat sekitar. Jangan sampai merusak atau mencemari lingkungan objek wisata apalagi sampai merusak estetikanya.

"Ini adalah potensi dan sayang sekali jika disia-siakan. Dan kita berharap tidak dirusak oleh tangan tangan jahil sehingga dapat dikelola dengan baik," bebernya.

 

Sementara itu, Kepala Kampung Tembudan, Nur Iman mengatakan, pihaknya kini tengah berupaya membuka, dan mengembangkan objek wisata tersebut. Caranya, dengan membangun sejumlah fasilitas di sekitar objek wisata. Bahkan belum lama ini, dirinya juga sempat mendatangi objek wisata tersebut dengan Muspika Kecamatan, termasuk Camat Batu Putih, Saharuddin.

"Ini merupaan kekayaan alam di Kampung Tembudan yang harus dimanfaatkan dengan baik. Karena tidak semua kampung memiliki objek wisata seperti ini," bebernya.

 

Menurutnya, objek wisata yang ada dikampungnya tersebut cocok untuk wisatawan berjiwa petualang yang dekat dengan alam.

"Harapan kita objek wisata ini dapat meramaikan destinasi wisata di pesisir selatan Berau. Sehingga pengunjung tidak hanya memiliki satu pilihan ketika berwisata ke pesisir selatan Berau," pungkasnya.(Hendra Irawan)