Teluk Bayur Gelar Pawai Budaya

TELUK BAYUR – Momen kemeriahan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 hingga hari ini sangat masih terasa. Seperti pelaksanaan pawai budaya di Kecamatan Teluk Bayur garapan Kecamatan, Kelurahan serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Berau. Pawai budaya yang dilaksanakan kali ini, diikuti sebanyak 30 peserta, mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak hingga tingkat RT dan kelurahan.

Camat Teluk Bayur, Mulyadi mengatakan, pawai budaya dilaksanakan selain untuk memeriahkan hari kemerdekaan, juga sebagai sarana melestarikan kebudayaan nusantara yang ada.

"Budaya kita kalau tidak dilestarikan sama mereka dan kita, siapa lagi. Dinamakan pawai budaya, sebab pesertanya pun mayoritas menggunakan pakaian adat dan menampilkan kesenian nusantara," ungkapnya kepada beraunews.com dilokasi kegiatan, Sabtu (20/8/2016).

Pawai budaya yang dimulai sejak pukul 08.00 Wita itu melintasi rute lapangan sepak bola, Jalan Gunung Mas, Jalan Abu-Abu dan finis di lapangan sepak bola kembali. Menurut Mulyadi, peserta pawai tahun ini jauh lebih meriah dari tahun sebelumnya.

"Rutenya di dalam Kecamatan Teluk Bayur saja. Lewat jalan yang jarang dilalui, jadi bisa sekalian memperkenalkan budaya kita sama mereka yang belum tahu," tambahnya.

Sementara salah seorang peserta pawai, Abdiyani mengaku senang bisa berpartisipasi dalam pelaksanaan pawai budaya itu. Menurutnya, kegiatan sosialisasi kebudayaan seperti ini telah jarang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir.

Bahkan para peserta mengharapkan kegiatan pawai budaya ini dapat dilakukan dengan melibatkan lebih banyak peserta lagi, bukan hanya Kecamatan Teluk Bayur, namun kecamatan lainnya.

"Bagus sekali ini kegiatan pawai budaya, selama ini anak-anak hanya melihat budaya lewat buku dan cerita, sekarang mereka mengaplikasikanya langsung," pungkasnya.

Pelaksanaan pawai budaya ini juga disaksikan sejumlah pejabat pemerintah dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Lurah se-Kecamatan Teluk Bayur, unsur TNI, Polri dan tokoh pemuda.(msz)