Manguati Banua Positif Dilaksanakan Senin Depan

TANJUNG REDEB – Acara adat Manguati Banua yang rutin dilaksanakan Kerajaan Gunung Tabur bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, positif akan dilaksanakan Senin (22/8/2016) mendatang. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Kebudayaan dan Pariwisata, Saprudin Ithur, kepada beraunews.com, Selasa (16/8/2016).

Manguati Banua merupakan salah satu adat masyarakat Banua yang memiliki filosofi mendalam terhadap kelangsungan hidup masyarakat Berau. Kegiatan tersebut dilakukan setiap kali menjelang Hari Jadi Kabupaten Berau dan Kota Tanjung Redeb.

BACA JUGA : Manguati Banua Akan Diadakan Lebih Meriah

Manguati Banua bisa dikatakan sebagai ritual buang sial atau menjauhkan dari bala (bahaya) yang akan menimpa masyarakat maupun tokoh adat setempat. Manguati Banua dilakukan dengan cara menumpahkan air yang sudah dibacakan doa dan ayat-ayat suci Al-Qur’an ke sungai, kemudian air sungai yang digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan harapan air sungai menjadikan diri mereka bersih.

“Sudah positif jadwalnya Senin depan, kemarin memang sempat tentatif (belum pasti-red),” ungkapnya.

Dikatakan Saprudin, pekan depan acara Manguati Banua akan dilaksanakan lebih meriah dari tahun lalu. Dengan dihadiri sejumlah tokoh adat dan pimpinan daerah, masyarakat juga diperbolehkan datang untuk menyaksikan acara adat tersebut. Manguati Banua akan dilaksanakan di Museum Gunung Tabur dan Masjid Tua Keraton Gunung Tabur mulai pukul 08.00 Wita sampai selesai.

Ia berharap, kegiatan tersebut dapat berjalan lancar sesuai dengan yang diinginkan seluruh masyarakat dan tokoh-tokoh adat setempat. Selain itu, bukan hanya sekadar ritual, diharapkan ada makna yang bisa dipetik melalui acara Manguati Banua, salah satunya, setiap kehidupan manusia tidak lepas dari rencana Tuhan yang memiliki kehidupan seluruh alam.

“Meskipun kita lakukan ritual seperti ini, tapi tetap yang memiliki kuasa atas segala kehidupan kita adalah Tuhan Yang Maha Esa,” tandasnya.(mta)