Antusias Warga Sambut HUT RI Ke-71, Tak Padam Di Telan Zaman

TANJUNG REDEB – Antusias warga di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Tanjung Redeb, tampak saat mengikuti perlombaan panjat pinang yang diselenggarakan warga sekitar untuk menyambut HUT RI ke-71.

Puluhan warga berkumpul untuk menyaksikan perlombaan-perlombaan khas 17 Agustus, seperti panjat pinang, makan kerupuk dan pancing botol. Tak hanya anak muda, banyak orang tua ikut dalam perlombaan tersebut tak kalah semangat dan antusias.

“Hampir setiap tahun warga disini semarak menyambut peringatan hari kemerdekaan, salah satunya dengan mengadakan lomba-lomba semacam ini,” ungkap Asriansah, salah satu warga yang mengikuti jalannya perlombaan tersebut, Minggu (14/8/2016).

Selain menjadi hiburan tersendiri, diadakanya perlombaan tersebut juga menjadi ajang silaturahmi antar warga untuk mempererat tali kekeluargaan.

“Kalau tidak ada kegiatan begini jarang juga warga berkumpul. Kalau begini paling tidak bisa ketemu dan bersama-sama menikmati hiburan yang sederhana ini,” ujarnya.

Meskipun hadiah yang diberikan kepada para pemenang tidak seberapa, namun menurutnya yang paling terpenting, nilai-nilai semangat gotong royong dan kerja sama warga yang berusaha menyemarakkan HUT RI ke-71 tidak sirna ditelan zaman.

“Alhamdulillah tradisi dari zaman dulu masih mau dilakukan warga, mau tidak mau ini merupakan bagian dari tradisi masyarakat Indonesia saat menyambut hari kemerdekaan,” katanya.

Misnawati, salah seorang pedagang minuman yang turut kecipratan rejeki dari terselenggaranya kegiatan tersebut mengaku senang dagangannya laris manis diserbu peserta maupun penonton yang hadir. Ia juga berharap hikmah dari peringatan HUT RI bisa dirasakan bagi semua kalangan.

“Kita juga menikmati hiburan ini, sekaligus menampung rejeki, syukurlah warga Berau masih banyak yang punya semangat menyambut peringatan hari kemerdekaan,” pungkasnya.(mta)