Aplikasikan Makna Lebaran Sebenarnya

SAMBALIUNG – Dihari kedua lebaran, Kamis (7/7/2016), beraunews.com menggelar open house (halal bi halal) di kediaman Madri Pani selaku Komisaris beraunews.com, di Kampung Gurimbang, Kecamatan Sambaliung. Hadir dalam kesempatan itu Direktur Utama beraunews.com, Abdus Salam, beserta wartawan dan stafnya untuk memperkuat tali silaturahmi dan kekeluargaan.

Dalam kesempatan itu juga, Madri menyampaikan ucapan selamat lebaran kepada seluruh masyarakat Berau. Ia menyebut momen lebaran merupakan momen yang tepat bagi setiap orang untuk saling memaafkan dan memperbaiki hubungan ke arah yang lebih baik.

"Sengaja saya undang rekan-rekan dalam open house di hari raya ini untuk memperkuat  tali ukhuwah kita diantara sesama manusia, terlebih hubungan kita dalam pekerjaan haruslah kita kuatkan demi tercapainya tujuan kita, yakni membangun lewat berita," ungkapnya.

H. Ali Djunaid (Ayah kandung Madri Pani), Hj. Djubaidah (Ibu kandung Madri Pani), Hj. Barlian (Ibu mertua Madri Pani), Jumiati (Istri Madri Pani) serta sejumlah kerabat dan orang dekat Madri juga ikut berbaur dan ramai dalam rumah tersebut. Secara bergelombang tamu-tamu berdatangan bergantian untuk bersalaman dan merayakan hari kemenangan umat muslim tersebut.

Madri berharap, makna lebaran yang sebenarnya dapat teraplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, yakni menjadikan diri kembali suci dan bersih, baik lahir maupun batin.

"Dalam keseharian mungkin kita pernah melakukan kesalahan-kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja, atau mungkin bercanda yang sampai menggores hati. Saya secara pribadi maupun selaku Komisaris memohon maaf atas segala yang kurang berkenan tersebut. Dan semoga kita bisa dengan ikhlas dan ridho saling memberi maaf. Dari lebaran ini juga kita bisa memetik maknanya sebagai ajang membersihkan diri dan kembali pada fitrah sebagai manusia, yakni makhluk Tuhan yang tugasnya adalah menjalankam perintah Yang Maha Esa," bebernya.

Dalam open house tersebut, Madri yang juga Kepala Kampung Gurimbang itu, sengaja menyajikan udang galah, kepiting dan belsan hidangan lainnya kepada para tamu undangan yang datang. Maklum saja, selain dikenal sebagai kampung terbaik nasional, Kampung Gurimbang juga dikenal sebagai penghasil udang galah dan kepiting.

"Memang kampung ini terkenal dengan udang galah dan kepitingnya, makanya sampai ada tugu dengan ikon udang galah dan kepiting. Jadi di open house kali ini sengaja saya siapkan teman-teman makanan yang menjadi ikon Kampung Gurimbang," tandasnya.(mta)