Lebaran, Waktunya Anak-Anak Cari Uang Lebaran

TANJUNG REDEB – Lebaran menjadi momentum sebagian anak-anak untuk mencari THR atau yang biasa mereka sebut sebagai uang lebaran. Mereka secara berkelompok mendatangi rumah-rumah warga untuk bertamu sekaligus menunggu tuan rumah membagikan uang lebaran kepada mereka.

Seperti halnya anak-anak yang berhasil ditemui beraunews.com di sekitar Jalan Mangga III. Anak-anak tersebut datang ke rumah warga secara bersamaan. Wajah gembira terlihat di raut wajah mereka usai menerima uang lebaran dari warga yang mereka sambangi.

Seperti yang dikatakan Fahri, dirinya bersama temannya berjalan kaki sejak usai salat Id. Bukan hanya dirinya, masih ada teman lainnya yang secara berkelompok melakukan hal yang serupa. Kegiatan seperti ini mereka lakukan saat momen lebaran saja.

“Dari tadi pagi kami jalan bersama mendatangi rumah warga. Biasanya kami datang itu makan kue, salaman setelah itu diberi uang. Kami tidak minta uang tapi kami dikasih,” ujarnya.

Anak-anak ini mengakui jika apa yang mereka lakukan hanya semata-mata untuk mengisi aktivitas mereka sambil bermain. Hasilnya, mereka mampu memperoleh uang yang lumayan banyak.

“Hari ini saya dapat Rp67 ribu, nanti pasti bertambah lagi karana kami masih mau jalan ke rumah lainya. Ini teman-teman mengajak ke rumah dinas Bupati dan Wakilnya dan disana pasti dapat lebih beasar lagi. Uang ini nanti buat jajan dan separuhnya ditabung untuk keperluan sekolah,” katanya.

Sementara itu, Suardi, warga Jalan Mangga III mengatakan, jika aktivitas anak-anak tersebut biasa ia temukan saat momen lebaran. Ia pun menerima mereka dengan baik dan memperlakukannya dengan ramah.

“Mereka setiap tahun di hari lebaran seperti ini datang ke rumah bertamu dan setelah itu kami kasih uang untuk mereka jajan. Selain diberi uang, kami mempersilahkan untuk mencicipi hidangan yang telah disiapkan di rumah. Biasanya mereka keliling ke rumah warga lainnya juga dan lihat mereka ramah dan sopan dan tak meminta apa pun. Soal uang yang diberikan itu hanyalah inisiatif kami, biasalah ini kan lebaran dan tradisi lebaran juga berkaitan dengan bagi-bagi rezeki,” pungkasnya.(ea)