Acara Buang Nahas Resmi Dibuka

 

TALISAYAN – Acara buang nahas yang juga biasa disebut dengan tolak bala resmi dibuka, Kamis (24/11/2016) yang ditandai oleh pengguntingan pita oleh Plt Camat Talisayan, Husdiono, yang didampingi Kepala Kampung Talisayan, Hamsir dan Kapolsek Talisayan, Iptu Faisal Hamid.

Dalam sambutannya, Husdiono menyampaikan, acara buang nahas sudah menjadi tradisi dan budaya masyarakat di Kampung Talisayan, yang dimana kegiatan tersebut diadakan setiap setahun sekali.

BACA JUGA23 November Talisayan Gelar Upacara Adat Buang Nahas 

Ia juga mengapresiasi dengan ikut berpartisipasinya pemerintah kampung dalam meramaikan expo yang sengaja disediakan oleh panitia pelaksana. Hal itu dilakukan guna mempromosikan potensi-potensi yang ada di kampung masing-masing, baik itu berupa potensi wisata, ataupun sumber daya alam yang ada di wilayah tersebut. Disamping itu, dalam expo tersebut juga dipajang berbagai hasil kerajinan tangan maupun hasil prodak industri rumah tangga oleh warga Talisayan.

"Kami berharap dengan adanya expo ini dapat lebih mengenalkan potensi apa saja yang ada di Tecamtan Talisayan," bebernya.

 

Dirinya berharap rangkaian acara buang nahas tersebut dapat menjadi wadah sebagai ajang promosi terutama di sektor pariwisata. Sehingga tidak hanya mengundang banyak pengunjung untuk datang berwisata, melainkan juga meningkatkan nilai perekonomian masyarakat Talisayan.

Sementara itu, Kepala Kampung Talisayan, Yamsir mengatakan, momen buang nahas merupakan waktu yang tepat untuk memperkenalkan budaya dan wisata unggulan di Kampung Talisayan. Seperti keberadaan hiu paus dan sejumlah objek wisata dan kekayaan alam di Talisayan. Apalagi menurutnya, Talisayan merupakan salah satu wilayah destinasi wisata yang ada di wilayah pesisir selatan Berau.

"Ini momen yang sangat bagi kami untuk mempromosikan potensi alam, baik itu wisata ataupun potensi alam lainnya," ujarnya.

Selain expo, dalam rangkaian buang nahas tersebut juga dilakukan sejumlah perlombaan tradisional. Acara puncak sendiri dijadwalkan akan dilakukan, Rabu (30/11/2016) mendatang.(Hendra Irawan)