23 November Talisayan Gelar Upacara Adat Buang Nahas

 

TALISAYAN – Pesta adat buang nahas yang merupakan tradisi adat Kampung Talisayan Kecamatan Talisayan dipastikan akan segera digelar dalam waktu dekat. Seperti diketahui, kegiatan tersebut merupakan pesta adat terbesar di wilayah pesisir selatan Berau yang rutin dilakukan setiap tahun.

Ketua panitia pesta adat buang nahas Kampung Talisayan, Sopian Nur mengatakan, kegiatan buang nahas di Talisayan dipastikan digelar 23 November mendatang. Hanya saja saat ini, pihaknya masih harus menyelesaikan beberapa persiapan pendukung lainnya.

“Kalau jadwal tidak berubah, yakni 23 november mendatang. Tapi kita masih mematangkan persiapan, agar acara dapat berjalan sesuai dengan rencana,” ungkapnya saat dihubungi beraunews.com melalui sambungan telepon selulernya, Sabtu (12/11/2016).

Disamping itu ia juga menyampaikan, pihaknya juga tengah menunggu kucuran dana dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, sebab acara buang nahas tersebut sudah menjadi program Disbudpar setiap tahun. Namun dikatakannya, dana tersebut sampai saat ini belum juga kunjung jelas.

“Karena dari kampung juga ada membantu, ya kita tinggal menunggu itu saja. Terakhir kami cek, dari pihak Disbudpar bilang menunggu dianggaran perubahan baru keluar,” jelasnya.

Dengan kegiatan tersebut, pihaknya juga akan memanfaatkan momentum tersebut untuk mempromosikan sejumlah objek wisata yang ada di Talisayan kepada pengunjung yang datang. Bahkan, beberapa waktu lalu pihaknya bersama pemerintah kecamatan telah melakukan rapat koordinasi, agar semua kampung yang ada di Kecamatan Talisayan dapat terlibat dalam acara itu. Apalagi menurutnya, dengan banyaknya potensi-potensi wisata yang dimiliki kampung-kampung di wilayah Kecamatan Talisayan juga perlu diketahui masyarakat.

“Untuk itu kita libatkan semua kampung untuk berpartisipasi, guna menunjukkan potensi yang dimiliki wilayahnya masing-masing, baik itu dari sektor pariwisata maupun pertanian. Jadi Talisayan nantinya tidak hanya dikenal dengan hiu pausnya saja,” ujarnya.

Buang nahas sendiri direncakan akan dihadiri Bupati Berau Muharram dan Wakilnya Agus Tantomo. Diharapkannya dengan adanya kegiatan buang nahas tersebut dapat membuat pariwisata di Talisayan semakin berkembang dan lebih maju.

“Kita harap dapat berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama,” pungkasnya.(Hendra Irawan)