Taman Wisata Alam Mayang Mangurai Kondisinya Memprihatinkan

TANJUNG REDEB - Bumi perkemahan Mayang Mangurai yang juga merupakan lokasi wisata alam di Kecamatan Teluk Bayur, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur merupakan tempat rekreasi favorit warga saat akhir pekan tiba. Setiap minggunya, tempat ini ramai dikunjungi lantaran suasana sejuk hutan tropis alami, menjadikan lokasi ini cocok untuk bersantai bersama keluarga dan kerabat. Lokasinya yang tak jauh dari Ibukota Tanjung Redeb membuat warga banyak meminati lokasi wisata ini. Hal itu juga menjadikan Mayang Mangurai dipilih menjadi lokasi pusat perkemahan di Kabupaten Berau.

Namun itu dulu, lokasi rekreasi favorit keluarga warga Berau ini ternyata tak seperti dulu lagi. Tempat wisata alam yang dahulunya ramai pengunjung telah sepi. Apakah yang membuat tempat tersebut kini kurang diminati lagi oleh pengunjung.

Dari pantauan beraunews.com, diketahui jika insfratuktur dan fasilitas lainya telah mengalami kerusakan dan tak bisa lagi digunakan. Diantaranya, kolam Buaya yang tak terawat serta kolam pemancingan ikanya tak bisa digunakan lagi. Bukan hanya itu, toilet yang telah ada rusak dan kotor.

Nurjanah warga Gunung Tabur yang ditemui saat berkunjung ke lokasi ini mengatakan, kekecewaanya atas kondisi Mayang Mangurai saat ini.

”Dulu sering kesini, biasanya saya bersama teman dan keluarga melihat Buaya dan memancing ikan di kolam, tapi sekarang berbeda. Lihat saja kolamnya, ngga ada ikanya lagi,’’ ujarnya.

Keluhan lain juga datang dari pengunjung lainya, Juliana warga Gunung Tabur.

”Toiletnya rusak, di tambah lagi kotor. Saya juga tak ada melihat orang berjaga di sini, jadi kalau mau kesini buang air dulu deh di rumah, kalau kebelet kan bahaya,” tutupnya.(ea)