Seluruh Maskapai Di Kalimarau Lolos Rump Check

TELUK BAYUR – Jelang mudik lebaran, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VII melakukan pemeriksaan rutin moda transportasi udara secara menyeluruh (ramp check) di Bandara Kalimarau, Kamis (23/6/2016) kemarin. Pemeriksaan ini dilakukan guna memastikan agar Bandara Kalimarau siap melayani mudik lebaran tahun ini.

“Kedatangan tim dari Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VII kemarin untuk melakukan ramp check atau pemeriksaan kepada maskapai penerbangan angkutan lebaran. Tim juga sudah lakukan pegecekan di beberapa bandar udara lain, kemarin giliran Bandara Kalimarau yang  diperiksa kesiapan dan kelayakan maskapainya,” ungkap Kepala Seksi Teknik Keamanan dan Pelayanan Darurat Bandara Kalimarau, Martono saat berbincang dengan beraunews.com.

Diceritakan Martono, tim dari Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VII yang melakukan ramp check sudah memastikan seluruh maskapai penerbangan di Bandara Kalimarau telah memenuhi standar keamanan dan keselamatan penerbangan melayani mudik lebaran tahun ini

“Pemeriksaan dilakukan untuk seluruh maskapai yang ada, yaitu Garuda Indonesia, Wings Air, Kalstar Aviation dan Sriwijaya. Dan hasilnya, seluruh maskapai penerbangan di Berau lulus pemeriksaan, yang artinya seluruh maskapai yang beroperasi di Bandara Kalimarau layak melakukan penerbangan, karena semua telah sesuai dengan standar keamanan dan keselamatan penerbangan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pemeriksaan rutin maskapai  dilakukan Kemenhub untuk memastikan kelaikan dan keselamatan pesawat serta memastikan penerbangan memenuhi segala peraturan tentang kelaikan udara. Data dari Kemenhub, kegiatan ramp check dilakukan tanggal 6-24 Juni 2016 terhadap 516 unit pesawat udara.(msz)