PT Berau Coal Bersama Jurnalis Berau Lakukan Aksi Pedulian Ekosistem Laut

TANJUNG REDEB – PT Berau Coal bersama puluhan rekan-rekan Jurnalis Berau melakukan penanaman terumbu karang dengan sistem Reef Stupa, Jumat (27/5/2016). Aksi ini sebagai wujud kepedulian terhadap Ekosistem laut.
 
Reef Stupa yang lebih dikenal dengan nama terumbu karang buatan berbentuk kubah, terbuat dari cetakan semen. Di sekeliling Reef Stupa terdapat 9 lubang yang merupakan inisiasi kegiatan dalam merestorasi terumbu karang dengan mentransplantasi bibit batu karang.
 
Sebelumnya, Tim melakukan segala persiapanya di Kampung Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan. Setelah itu, sebanyak 54 Reef Stupa di angkut menggunakan kapal untuk di bawa ke spot yang telah ditentukan, yakni di dasar laut pulau Rabu-Rabu.
 
Kordinator pelaksana, Arif Hadianto yang juga Public Relation Manager PT Berau Coal mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian PT Berau Coal dengan kondisi ekosistem laut di Berau yang ada saat ini. Khususnya, dengan banyaknya terumbu karang yang mengalami kerusakan akibat ulah tangan jahil manusia.
 
‘’Keberadaan terumbu karang buatan ini diharapkan dapat mendukung ekosistem bawah laut di pulau tersebut. Diantaranya, menjadi tempat tinggal ikan sekaligus merehabilitasi terumbu karang yang mengalami pemutihan akibat perubahan iklim dan naiknya suhu permukaan air laut,’’ jelasnya.
 
Dengan adanya Reef Stupa ini, sekaligus mendukung Eco Tourism Kabupaten Berau. Sebab terumbu karang buatan akan dipenuhi ikan dan hewan laut lainnya sehingga mampu menghasilkan titik penyelaman yang indah dan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang sangat menyukai keindahan bawah laut di perairan Kepulauan Derawan.(ea)