Kabar Gembira, Populasi Hiu Paus Meningkat 260 Persen

TANJUNG REDEB – Populasi hiu paus (whale shark) di perairan Kabupaten Berau mengalami peningkatan yang fantasitis, yakni mencapai 260 persen. Pasalnya, di tahun 2014 hanya ditemukan 10 ekor hiu paus di perairan Talisayan, sedangkan di tahun 2015 sudah ditemukan 36 ekor. Hal ini tentu menjadi kabar yang menggembirakan bagi sektor pariwisata Berau.

Populasi hiu paus itu diperoleh berdasarkan hasil survei yang dilakukan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Berau bersama Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Pontianak, Institut Teknologi Bogor (IPB) dan Universitas Mulawarman (Unmul).

Ditemui beraunews.com di ruang kerjanya, Selasa (14/6/2016), Kabid Sumber Daya Kelautan dan Perikanan DKP Berau, Yunda Zuliarsih mengatakan, hasil survei tahun 2014 ditemukan sebanyak 10 ekor hiu paus dengan rincian 1 ekor betina dan 9 ekor jantan, sedangkan di tahun 2015, populasinya bertambah menjadi 36 ekor dengan rincian 2 betina dan 34 jantan.

“Hasil survei yang kami lakukan dalam dua tahun terakhir ini menemukan populasi hiu paus di perairan Berau mengalami peningkatan. Rencananya tahun ini, kami akan kembali melakukan survei lanjutan, namun kami masih menunggu informasi dari BPSPL Pontianak,” ungkapnya.

Dikatakannya, peningkatan populasi hiu paus ini, tentunya menjadi nilai lebih untuk potensi pariwisata, sehingga mampu menjadi magnet baru bagi wisatawan untuk berkunjung ke Berau. Untuk itu, ujar Yunda, dalam waktu dekat ini, pihaknya akan melakukan sosialisasi cara berinteraksi dengan hiu paus kepada warga setempat, pengunjung dan penyedia jasa travel wisata. Dalam kegiatan nanti, akan dilibatkan juga beberapa SKPD terkait.

“Kegiatan ini nantinya kami lakukan di daerah pesisir Pulau Derawan dan Kecamatan Talisayan dengan mengajak warga setempat dan pengunjung sekaligus bersosialisasi tentang cara berinteraksi dengan mamalia laut tersebut. Sebelum ke daerah pesisir, kami akan memulai kegiatan di Tanjung Redeb,” pungkasnya.(ea)