Asiknya Pulau Derawan

PULAU DERAWAN – Pulau Derawan sudah tak asing lagi bagi kita. Lantaran destinasi pulau wisata bahari unggulan Kabupaten Berau ini sudah dikenal para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Tempatnya yang eksotis, hamparan pasir putih di pantai serta keramahan penduduknya membuat Pulau Derawan masih jadi buruan utama para wisatawan. Selain bisa menikmati suasana sejuknya pantai sepanjang hari, di pulau ini kita bisa melakukan berbagai hal yang menyenangkan, seperti menaiki wahana banana boat, snorkeling, diving, berenang sambil bermain bersama penyu hijau, hingga merasakan sensasi berenang sambil bermain bersama hiu paus (whale shark).

Kawanan penyu hijau (Chelonia mydas) kerap kita jumpai berenang di sekitar pulau Derawan. Kebanyakan penyu yang sering dijumpai merupakan penyu betina. Seringnya terlihat kawanan penyu di pulau itu lantaran habitatnya ditengarai mulai meningkat. Hal tersebut berdasarkan pernyataan dari Balai Konservasi Penyu Badan Lingkungan Hidup (BLH) Berau di Pulau Dearawan. Dengan peningkatan tersebut diharapkan dengan keberadaan penyu di sekitar Pulau Derawan mampu memberikan magnet baru yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke pulau menakjubkan itu.

Selain bisa menikmati sensasi berenang bersama penyu, kita juga bisa bermain bersama hiu paus (whale shark). Jika ingin melihat langsung mamalia laut yang tak bergigi tersebut, terlebih dahulu kita harus ke bagan ikan milik nelayan yang lokasinya tak jauh dari Pulau Derawan, tetapi tak boleh melewati pukul 06.00 Wita. Hanya memakan waktu sekitar 15 menit menggunakan speedboat, kita pun sampai dilokasi kawanan hiu paus tersebut. Tapi tunggu dulu, keberadaan hiu paus di sekitar Pulau Derawan tidak menentu. Mereka hanya bisa dijumpai saat musim utara saja.(ea)