KKSS Gelar Safari Ramadhan

TANJUNG REDEB – Mengisi Bulan Suci Ramadhan 1437 Hijriah, Badan Pengurus Daerah (BPD) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) mengelar buka puasa bersama, Rabu (8/6/2016) dikediaman Ketua KKSS Berau, Taupan Madjid.

Upaya menjalin silaturahmi antar sesama keluarga besar memang sudah sering dilakukan melalui momen tertentu. Akan tetapi dengan mengambil momen puasa seperti saat ini, jalinan itu diharapkan bisa lebih erat. Bahkan, acara ini tak hanya dihadiri warga KKSS, melainkan dihadiri Ketua Kerukunan Bubuhan Banjar Kalimantan Timur (KBBKT) Berau, Fahmi Rizani.

Menurut Ketua Panitia Panitia Safari Ramadhan 1437 Hijriah, Fery Hayadi, ada banyak kegiatan yang diambil dalam momen kali ini, salah satunya membagi takjil yang sudah dilaksanakan pada tanggal 7 Juni lalu. Sedikitnya 300 paket takjil dibagikan kepada pengguna jalan.

“Kami bagikan takjil, ada juga sahur bersama dan buka bersama, ini bentuk kepedulian kami, dan juga untuk mengisi Ramadhan,” jelasnya.

Dalam acara buka bersama itu, makna Ramadhan kembali disampikan oleh Ustad Amiruddin Madjid. Dalam Kuliah Tujuh Menit (Kultum) yang disampaikannya, puasa tidak sekedar menahan haus dan lapar, akan tetapi untuk bisa menjaga diri dari sikap yang dilarang agama.

“Menahan hawa nafsu tidak hanya untuk makan dan minum, tetapi menahan hawa nafsu lainnya, menjaga lisan, perbuatan dan hal-hal yang bisa membuat orang lain sakit hati atau tersinggung, makna Puasa ini lebih luas,” pesannya.

Dirinya mengajak seluruh anggota kerukunan bisa memaknai bulan pausa tidak hanya sebatas Ramadhan melainkan seluruh bulan, dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk, menjalin hubungan baik dengan semua orang tidak hanya sesama anggota kerukunan.

Safari Ramadhan kali ini, akan dilakukan dibanyak tempat sesuai dengan kesediaan anggota KKSS Berau menjadi tuan rumah. Sementara ini sudah ada 12 calon tuan rumah dari rangakaian safari Ramadhan KKSS termasuk kesediaan Bupati Berau, Muharram, Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo dan tokoh KKSS, Ahmad Rifai.(sai)