Pulau Maratua Bisa Jadi Bali Ke-2

MARATUA – Pasir putih halus dengan pemandangan yang luar biasa, menjadikan Pulau Maratua sebagai salah satu obyek wisata bahari unggulan Kabupaten Berau. Pulau ini, sudah terkenal luas hingga ke mancanegara, bahkan menjadi buruan wisatawan lokal maupun domistik.

Selain menyajikan keindahan laut dan pantainya, Pulau Maratua juga menyimpan pesona wisata alam lainya yang berada di dalam pulau, diantaranya danau Haji Buang dan Gua Haji Mangku. Danau Haji Buang memiliki kesamaan dengan danau di Pulau Kakaban, yakni sama-sama memiliki ubur-ubur yang tak menyengat. Sedangkan gua Haji Mangku biasanya disebut sebagai gua biru lantaran didalamnya terdapat danau kecil berwarna biru.

Cerita menarik pun selalu ditorehkan wisatawan, seusai menghabiskan masa liburannya di Pulau Maratua. Bagi mereka, Pulau Maratua sangat menakjubkan dan tak kalah menarik dengan obyek wisata bahari yang ada di luar negeri. Selain itu, tak sedikit, wisatawan yang mengaku seakan lupa daratan saat menikmati keindahan pulau tersebut.

Nadia, wisatawan asal Jakarta ini misalnya. Awalnya dirinya bersama rombongan tak menyangka jika di Berau ada sebuah pulau yang menyimpan pemandangan menakjubkan. Bahkan ia mengakui, jika Pulau Maratua ini setara dengan pulau yang ia temuai saat berlibur ke Thailand.

β€œIni keren banget. Saya tidak menyangka ternyata yang seperti ini ada di Indonesia. Ada waktu itu saya melihat persis dengan yang saya lihat di Thailand, tak jauh beda pokoknya. Jika ada yang seperti ini, ngapain lagi harus keluar negeri. Pulang dari sini pastinya akan beragan-angan untuk kembali berlibur kesini,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, di Pulau Maratua juga terdapat bandara untuk mempermudah transportasi menuju pulau itu, meskipun belum rampung. Namun, suatu saat Pulau Maratua diyakini bisa menjadi Bali kedua di Indonesia. Bahkan, baru-baru ini gencar terdengar jika Pulau Maratua disebut Maladewa-nya Indonesia.(ea)