Ditemukan, Potensi Objek Wisata Baru Di Berau

SEGAH – Kabupaten Berau merupakan salah satu Kabupaten di Kalimantan Timur yang kaya dengan obyek wisatanya, sehingga pantas mendapat julukan sebagai daerah wisata. Berau sendiri diketahui memiliki obyek wisata bahari serta wisata alam yang sangat memukau yang telah terkenal hingga ke mancanegara. Oleh sebab itu, Kabupaten Berau sendiri menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan jika berkunjung ke Provinsi Kalimantan Timur.

Wisata bahari di wilayah pesisir Kepulauan Derawan dan biduk-biduk mungkin tak asing lagi serta Wisata Alam Air Terjun Bidadari di Kampung Teluk Sumbang di Kecamatan Biduk-Biduk. Namun obyek wisata alam seperti itu juga ternyata ada di Kampung Tepian Buah, Kecamatan Segah, yakni Air Terjun ‘Lalu Sawah’ dan Air Terjun ‘Tembalang’. Namun keberadaan kedua air terjun itu memang masih belum banyak diketahui. Sebab, keduanya terletak di dalam hutan.

Camat Segah, Syafri mengatakan kedua air terjun tersebut ditemukan tahun 2015 oleh warga Tepian Buah. Namun, lokasi kedua air terjun itu, masih sulit dijangkau, lantaran akses jalan belum tersedia.

“Kedua air terjun itu ditemukan Pak Talang, warga disini pada tahun 2015 lalu. Akses kesana masih sulit dan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki masuk ke hutan. ‘Lalu Sawah’ berjarak sekitar 4 Km dari luar jalan dengan jarak tempuh selama 2 jam berjalan kaki. Kalau ‘Tembalang’ 3 Km dengan jarak tempuh selama 1,5 jam berjalan kaki,” jelasnya.

Dikatakannya, kedua air terjun tersebut masing-masing memiliki 3 tingkat. Air terjun ‘Lalu Sawah’ memiliki tinggi 20 Meter sedangkan air terjun ‘Tembalang’ memiliki ketinggian 40  Meter. Mengenai akses menuju ke lokasi air terjun tersebut, pihaknya terlebih dahulu harus mendapatkan persetujuan PT Inhutani.

”Surat permohonan pembukaan jalan menuju kesana sudah kami ajukan ke PT Inhutani. Kini tinggal menunggu konfirmasi dari Kementrian Kehutanan,” bebernya kepada beraunews.com.

Syafri menambahkan, jika sudah terealisasi, maka obyek wisata air terjun di Kampung Tepian Buah akan dikelola langsung oleh warga untuk dijadikan sebagai salah satu pendapatan utama Kampung Tepian Buah. Hal tersebut dilakukan sesuai dengan visi dan misi Pemkab Berau, yakni mengembangkan potensi wisata di Bumi Batiwakkal.

“Nantinya kami akan membuat perjanjian di atas matrai bersama warga di sini untuk bersama-sama menjaga potensi wisata alam yang ada, sehingga bisa dikelola dengan baik oleh mereka,” tutupnya.(ea)