Surat Cinta PLN Tak Sesuai Jadwal, Warga Aspirasikan Lewat Meme

 

TANJUNG REDEB – Mati lampu, aduh gelapnya. Mungkin sebagian dari kita ada yang tahu bahkan pernah mendengar penggalan lirik lagu milik Rita Sugiarto tersebut. Lagu itu, tampaknya cocok dinyanyikan dengan fenomena yang terjadi di Kabupaten Berau.

Di zaman modern semacam ini, listrik adalah salah satu tonggak kehidupan yang juga dibutuhkan untuk kegiatan sehari-hari alias kebutuhan primer. Tetapi, kondisi listrik saat ini yang byarpet, justru membuat masyarakat kecewa.

Sebagian warga pun ada yang mengapresiasikan kekecewaannya terhadap pihak PLN dengan mengupload postingan meme. Seperti contoh salah satu akun facebook dengan username Aming Berau, yang mengupload meme “Turut berduka cita atas kematian Listrik di Berau, Semoga amal ibadahnya diterima, amin”.

Atau akun lain dengan nama Eka Priyatna Jogras Hutain. Dalam postingannya tersebut, ia menyebutkan jika PLN kepanjangannya adalah Perusahaan Lilin Negara.

Tak hanya facebook, instagram pun ramai dengan postingan serupa. Salah seorang pemilik akun sosial media instagram, yang akunnya disamarkan, menuliskan kepanjangan dari PLN adalah Padam Lagi Nih.

Selain meme, akun sosmed instagram kanakeacrew_official juga telah mengupload video berdurasi beberapa detik, dengan tema “Mati Lampu”.

https://www.instagram.com/p/BPm4qjBjb6t/

Akun sosial media lain, dengan username Warta Kesuma, dalam postingannya menuliskan agar warga Berau setiap saat harus siap untuk mati lampu walaupun telah ada jadwalnya, “jadwal pemadaman PLN itu tidak untuk dibaca tabel-tabel yang ada disitu, tapi untuk sekedar diketahui bila jadwal sudah keluar artinya "SETIAP HARI" harus siap sedia beraktivitas tanpa listrik”.

Postingan-postingan tersebut bukan bermaksud untuk merendahkan PLN, tetapi hanya berekspresi, mengungkapkan kekecewaannya. Untuk hak jawab PLN atas meme-meme tersebut, akan dibuat pada berita selanjutnya.(bnc)

Wartawan: Miko Gusti Nanda/Editor: R. Amelia