Investasi Dana Haji untuk Pembangunan Infrastuktur, Ini Kata Warga

 

TANJUNG REDEB – Langkah pemerintah yang ingin menginvestasikan dana haji untuk pembangunan infrastruktur, menuai banyak kritikan. Salah satunya adalah dari Wakil Ketua Pansus Pemilu DPR RI, Yandri Susanto.

Menurut Yandri, hal tersebut dilakukan tanpa adanya perundingan dengan pihak-pihak yang terkait. Bahkan, masyarakat pun menganggap jika penggunaan dana haji untuk pembangunan juga tidak tepat.

Begitu juga dengan masyarakat di Kabupaten Berau sendiri, menilai jika langkah yang diambil pemerintah sangat tidak sesuai dengan tujuan dari investasi dana haji tersebut.

“Sebetulnya kan dana haji diperuntukkan untuk orang naik haji, kalau bisa jangan disalahkangunakan seperti itu. Tetapi, kita tidak tahu ke depannya investasi tersebut dapat digunakan sesuai tujuannya apa tidak,” ucap salah satu warga yang ditemui beraunews.com, Suprianto, pada Sabtu (29/07/2017).

Tetapi di sisi lain, wacana yang dilansir dari sindonews.com, jika saja Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) dan MUI mendukung adanya pemanfaatan dana haji, dituliskan bahwa gagasan untuk pembangunan infrastuktur masih perlu didorong dan secara syariah bisa memanfaatkan dana masyarakat yang terkumpul dalam bentuk dana haji dan wakaf, ketimbang harus menggunakan pendanaan infrastuktur dari luar negeri.

Tak lepas dari itu, sebagian warga ada yang memandang jika hal tersebut dapat merusak moral Negara.

“Jika langkahnya seperti itu, seakan merusak moral bangsa saja, bukannya seharusnya dana untuk pembangunan infrastuktur tersebut sudah ada dari pemerintah semisal uang hasil pajak. Jadi kenapa sampai harus menggunakan inventasi dana haji itu,” kata warga lain, Ramadhan.

Lantas, apakah langkah pemerintah tersebut salah atau malah sebaliknya? Dilansir dari sumber yang sama, MUI mengatakan, jika pemanfaatan dana haji untuk pembangunan infrastruktur juga bertujuan untuk dapat meringankan beban masyarakat termasuk jemaah haji itu sendiri.(bnc)

Wartawan: Miko Gusti Nanda/Editor: Rita Amelia