Pemerintah Blokir Situs Cek KTP

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah memblokir situs website cek KTP elektronik. Langkah itu dilakukan menyusul permintaan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil), Zudan Arif Fakrulloh meminta masyarakat untuk tidak mengakses situs cek e-KTP yang marak beredar di media sosial. Dia mengatakan, Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera pada situs tersebut hanya yang berada di atas umur 17 tahun. Datanya dianggap tidak valid.

"Untuk situs itu kita sudah cek, itu bukan dari Kemendagri, kalau Kemendagri NIK yang tertera lengkap, sedangkan yang pada situs tersebut hanya dari umur 17 tahun ke atas," kata Zudan di sela-sela pagelaran wayang kulit di Ditjen Pemdes, Jakarta, Sabtu (27/8) sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi kemendagri.go.id.

BACA JUGA : Mendagri : Situs Cek KTP Bukan Buatan Kemendagri

Dia menambahkan, semua data yang tertera pada situs itu merupakan data-data yang lama. Kemendagri juga telah bekerja sama dengan Kemenkominfo dan memastikan data asli dari Kemendagri aman.

"Data kita aman, traffic nya aman, dan log nya juga aman," tutup Zudan. Sebelumnya, marak situs yang beralamat https://ektp.cektkp.com/ yang menyediakan pelayanan pengecekan data NIK e-KTP.(puspen kemendagri/bnc)