Disbun Kaltim : Pekebun Waspadai Cuaca Ekstrim

SAMARINDA – Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim, Etnawati meminta seluruh masyarakat pekebun maupun instansi atau dinas yang membidangi perkebunan di kabupaten/kota agar mewaspadai cuaca ekstrim yang terjadi saat ini.

“Cuaca ekstrim yang terjadi dapat menimbulkan bencana. Misalnya, kebakaran lahan dan kebun serta penyebaran serangan penyakit dan hama penting perkebunan, sehingga masyarakat pekebun harus waspada terhadap ancaman tersebut,” katanya, Senin (22/8/2016) sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi kaltimprov.go.id.

Menurut Etnawati, apabila tidak segera dilakukan langkah antisipasi dan pencegahan, maka dampaknya bisa tidak terkendali. Diperkirakan, kebakaran lahan dan kebun akan menyebar dengan cepat, sehingga dapat berimbas terhadap wilayah pemukiman masyarakat. Oleh karenanya, masyarakat pekebun termasuk perusahaan perkebunan diminta tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Sementara itu, guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya ledakan OPT (organisme pengganggu tanaman) dari golongan penyakit tumbuhan yang diakibatkan cendawan (jamur) perlu dilakukan pengamatan dan tindak pencegahan serta pengendalian sejak dini.

Etna mengakui pihaknya melalui Bidang Perlindungan dan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengembangan Perlindungan Tanaman Perkebunan (P2TP) akan menindaklanjuti dengan menyurati Dinas Perkebunan di kabupaten/kota.

“Instansi di kabupaten dan kota agar meningkatkan kewaspadaan dan melakukan imbauan terkait permasalahan ini untuk segera memaksimalkan usaha-usaha pencegahan sedini mungkin,” harapnya. (yans/sul/es/humasprov/bnc)