Mendagri : Ingin Kembangkan Daerah, Fokus Tiga Hal Ini

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menjelaskan tiga hal yang harus menjadi perhatian bagi masing-masing daerah di Indonesia, dalam peluncuran Hari Nasional 2016, di Kementerian Pariwisata, Jakarta, tadi malam (22/8/2016).

Pertama, terkait dengan pariwisata daerah. Menurut Tjahjo, pariwisata menjadi salah satu sumber devisa ekonomi yang harus digerakkan oleh Pemerintah Daerah.

“Pariwisata merupakan aset yang dimilik masing-masing daerah di Indonesia, mulai yang berskala internasional, nasional, serta lokal. Ini merupakan sumber devisa (pendapatan) ekonomi,” kata Tjahjo sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi kemendagri.go.id.

Kedua, kerajinan daerah merupakan potensi yang harus diperhatikan.

“Salah satu contohnya, Provinsi NTT memiliki kerajinan tenun yang harus dikembangkan,” ungkap Tjahjo.

Ketiga, Tjahjo tak lupa menyinggung bahwa kuliner merupakan ciri khas dari masing-masing daerah di Indonesia.

“ Ya, kulinernya apa? Di NTT ini juga terkenal jagungnya yang manis, daging asap nya juga ada, serta ikan lautnya yang segar dan juga murah,” lanjut Tjahjo.

Peringatan Hari Nasional menjadi salah satu upaya pemerintah dalam membangun konektivitas antar daerah, antar kota, antar kabupaten, dan antar pulau yang berjajar dari Sabang sampai Merauke.

“Setidaknya ada konektivitas antar daerah dan antar pulau, hal ini harus terjalin. Kami juga sudah membangun perbatasaan, bagaimana nanti kalau ke Papua angkutan bisa lewat Kupang, kalau bisa ada rangkaian ini sangat bagus, belum lagi nanti kapal-kapal induknya,” tutup Tjahjo.(puspen kemendagri/bnc)