Menpora : Program Seribu Lapangan Sepakbola Desa

SAMBOJA – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) meluncurkan Program Seribu Lapangan Bola Desa dan Kaltim mendapat jatah sekitar 100 lapangan desa.

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, secara berkelanjutan pemerintah melalui Kemenpora mendukung pembangunan dan pengembangan lapangan bola di setiap desa di Indonesia.

“Tahun ini kita ada sekitar seribu lapangan bola desa yang masuk dalam program Satu Desa Satu Lapangan,” kata Imam Nahrawi saat melakukan peletakan batu pertama pengembangan Lapangan Bola Desa Tani Bhakti Kecamatan Samboja Kutai Kartanagera, Jumat (19/8/2016) sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi kaltimprov.go.id.

Program ini lanjutnya, sebagai bentuk kepedulian dan tekad pemerintah dalam mendukung pengembangan olahraga sepekbola di tingkat masyarakat desa. Sebab ujarnya, banyak bibit-bibit pemain bola berbakat yang lahir dari desa walaupun sarana olahraga (lapangan bola) yang dimiliki tidak memadai, bahkan terkesan tidak layak.

Karenanya, pemerintah melakukan peluncuran program Seribu Lapangan Desa agar tersedia sarana olahraga yang lebih baik dan mampu menciptakan atau lahirnya pemain-pemain sepakbola andal dan tangguh serta terampil.

“Dimulai dari desa akan lahir pemain sepakbola Indonesia yang hebat dan mampu membawa nama bangsa kita di kancah persepakbolaan dunia,” harap Imam Nahrawi.

Selain itu, program satu desa satu lapangan ini menjadi program unggulan kementerian yang dilakukan melalui verifikasi terhadap lapangan yang merupakan aset pemerintah desa dan Kaltim akan dialokasikan 100 lapangan desa masing-masing mendapat Rp185 juta.

Sementara itu Kepala Dispora Kaltim, Fachrudin Djaprie menyatakan dukungan dan keyakinan Pemprov Kaltim keberhasilan program nasional ini dalam menciptakan pemain sepakbola andal dan tangguh dari desa-desa, khususnya di wilayah Kaltim.

Secara simbolis bantuan pengembangan dan rehabilitasi lapangan olahraga diberikan kepada Desa Tani Bhakti dan Desa Beringin Agung, Kutai Kartanegara.

Dalam kesempatan itu pula diberikan bantuan bola kepada sepuluh klub sepakbola di Kecamatan Samboja.(yans/humasprov/bnc)