Mendagri Minta Kepala Desa/Lurah dan Camat Antisipasi Musuh Bangsa

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo meminta kepala desa, lurah dan camat ikut mengantisipasi ancaman musuh bangsa. Ancaman dari luar negeri adalah peredaran narkoba, sedangkan dari dalam adalah para pihak yang ingin memecah belah Indonesia.

Tjahjo mengatakan, musuh negara ini yang sudah 71 tahun merdeka ada di dalam bangsa ini sendiri. Waspadailah para pengkhianat bangsa. Mereka yang dinilai mengerdilkan Pancasila dan UUD 1945. Antisipasi kelompok yang dianggap ingin porak-porandakan kemajemukan negara.

“Kekuatan bangsa ini ada karena keberagaman. Ini yang harus kita jaga. Ini jati diri. Ini warna yang harus kita pertahankan,” kata Mendagri dalam sambutannya sebagai Inspektur Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-71 di kantor Kementerian Dalam Negeri, Rabu (17/8/2016) sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman resmi kemendagri.go.id.

Ia berpesan kepada seluruh peserta upacara yang juga didalamnya ada unsur kepala desa, lurah dan camat untuk menjaga lambang negara seperti Bendera Merah Putih, Pancasila, UUD 1945 dan Presiden RI Joko Widodo. Jaga stabilitas daerah dengan baik, karena ini tugas Kemendagri.

“Itu tugas kita sebagai Kemendagri, mulai dari pusat sampai ke kepala desa dan kelurahan. Jaga stabilitas dengan baik. Tentukan sikap siap kawan dan lawan yang menghianati dan mencoreng, manipulasi dan jerumuskan kepala negara dan bangsa ini dengan provokasi untuk memecah belah bangsa ini,” tambahnya.

Para oknum ini merupakan penghianat terselubung bangsa. Mereka termasuk kelompok terorisme dan radikalisme. Mereka dinilai mampu menyebarkan fitnah yang bisa menimbulkan konflik di tengah masyarakat. Makanya, ia meminta semua pihak mewaspadai kalangan tersebut.

Kemudian sebagai warga negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat, Tjahjo berpesan, para aparat pemerintah harus juga menjaga kewibawaan lembaga dan instansinya.

“Mari kita sekarang ini saling introspeksi, mengingatkan, memberikan informasi yang benar, kritik saran yang membangun bangsa ini kedepannya,” tutupnya.(puspen kemendagri/bnc)