Perpanjang Kerjasama, Bupati Teken MoU Bersama Dirut Pelindo IV

TANJUNG REDEB – Mengoptimalkan pengoperasian Pelabuhan Tanjung Batu sebagai pelabuhan umum, Pemkab Berau memperpanjang kerjasama dengan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero). Kerjasama ditandai dengan penandatangan memorandum of understanding (MoU) antara Bupati Berau, Muharram bersama Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung, di kantor pusat Pelindo IV di Makassar Sulawesi Selatan, Senin (8/8/2016).

Dalam perjanjian kerjasama, pelabuhan Tanjung Batu diproyeksikan untuk menunjang perekonomian Kabupaten Berau dengan pengoperasian yang dilakukan PT Pelindo IV sebagai pelabuhan pusat naik turunnya penumpang dan barang dengan mengoptimalkan pengembangan potensi pariwisata dan perdagangan di Kabupaten Berau.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung mengungkapkan, potensi pengoperasian pelabuhan Tanjung Batu sebagai pelabuhan penumpang dan barang dalam menunjang pariwisata Berau. Seiring dengan kerjasama ini ditegaskannya, akan ditindaklanjuti dengan pengoperasian pelabuhan dengan optimal. Salah satunya yang segera dijajaki, masuknya kapal penumpang yang dikelola Pelni (persero) ke Tanjung Batu.

“Saya akan segera komunikasikan dengan Pelni yang juga BUMN (badan usaha milik negara) untuk kapalnya masuk ke Tanjung Batu,” ungkapnya.

Masuknya kapal penumpang dan barang ke Tanjung Batu menurutnya memiliki potensi besar dalam membangun pariwisata. Dimana, wisatawan akan mudah untuk menjangkau objek wisata Kepulauan Derawan melalui jalur laut. Penumpang yang turun di pelabuhan Tanjung Batu bisa langsung ke pulau-pulau wisata dengan armada speedboat yang juga sudah beroperasi di pelabuhan itu.

“Sangat potensial dan ini akan membangun pariwisata Berau,” ucapnya.

Pelindo IV disampaikan Doso Agung akan membangun fasilitas pendukung keberadaan pelabuhan dan pelayaran diperairan Kabupaten Berau. Salah satunya, disampaikan Doso, pembangunan pos pandu yang menurutnya sangat penting untuk wilayah Berau. Pos pandu ini akan mendukung aktivitas pelayanan kapal dari dan ke Kabupaten Berau.

Bupati Berau, Muharram, menyambut baik kerjasama pengoperasian pelabuhan Tanjung Batu oleh Pelindo IV. Muharram berharap dengan kerjasama ini akan semakin mendorong percepatan pembangunan kawasan pariwisata Berau. Pemkab Berau ditegaskannya, akan memberikan dukungan penuh dalam pengoperasian ini. Salah satu yang menjadi perhatian, keberadaan bagan apung dialur pelayaran yang akan segera dibersihkan. Melalui SKPD teknis, ditegaskan Muharram akan segera dilakukan tindaklanjut dan pada tahun ini bisa segera terselesaikan.

“Kami berharap jika bagan yang ada dialur kapal ini bisa dibersihkan, kapal yang diprogramkan juga bisa segera merapat ke Tanjung Batu,” ungkapnya.

Tidak hanya pengoperasian Pelabuhan Tanjung Batu, Pemkab Berau dan Pelindo IV juga menjajaki kerjasama pembangunan dan pengoperasian pelabuhan laut di Mantaritip Kecamatan Sambaliung. Pelabuhan laut ini bahkan sangat potensial dalam pembangunan perekonomian masyarakat. Selain itu, PT Pelindo IV juga membangun pelabuhan penampungan peti kemas di Kampung Gurimbang Kecamatan Sambaliung yang mulai diwujudkan tahun ini.(hms4/sai)