60 Pemuda Kaltim Dikukuhkan Jadi Duta Damai Dunia Maya BNPT RI, 2 Diantaranya Asal Berau

 

BALIKPAPAN – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Republik Indonesia, Komjend. Pol. Drs. Suhardi Alius, MH mengukuhkan 60 pemuda Kalimantan Timur menjadi Duta Damai Dunia Maya BNPT Republik Indonesia Regional Kalimantan Timur di Hotel Gran Senyiur Balikpapan, Kamis (26/07/2018). Dari 60 pemuda yang dikukuhkan itu, 2 diantaranya berasal dari Kabupaten Berau, yakni Armin Beni Pasapan dan Febrianus Felis.

Kepada beraunews.com, Febrianus Felis mengatakan, sebelum dikukuhkan, ke-60 pemuda terlebih dahulu diberikan pelatihan Duta Damai Dunia Maya selama 4 hari, yakni dari tanggal 23 Juli hingga 26 Juli 2018. Dari pelatihan tersebut, dihasilkan lima website damai yakni, www.etam.dutadamai.id, www.lamin.dutadamai.id, www.pesutetam.dutadamai.id, www.kawalan.dutadamai.id dan www.mahakam.dutadamai.id.

“Pelatihan Duta Damai Dunia Maya dilakukan melalui Pusat Media Damai (PMD) BNPT RI selama 4 hari dengan dibagi tiga kelompok, yaitu blogger, desain komunikasi visual dan teknologi informasi,” ucapnya.

Sementara menurut Armin, Provinsi Kalimantan Timur menjadi tempat ke-12 pelaksanaan Pelatihan Duta Damai Dunia Maya BNPT RI. Dan total Duta Damai se-Indonesia adalah sebanyak 720 orang. Angka yang cukup sedikit untuk pemuda yang sadar akan tanggungjawab sebagai Garda terdepan bangsa Indonesia.

Diharapkan dari 720 Duta Damai se-Indonesia ini, lanjut Armin, mampu menyebarkan virus perdamaian kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya anak muda agar ada persatuan kaum muda untuk bersama-sama menangkal paham-paham radikalisme, intoleran dan terorisme.

Anak muda, dikatakan Armin, mayoritas pengguna dan pegiat dunia maya. Oleh karena itu, anak muda adalah kelompok yang paling rentan terpengaruh konten-konten radikal dan provokatif. Disamping itu, keingintahuan yang tinggi dan emosi yang masih labil, membuat anak muda mudah terpengaruh. Dengan demikian, perlu teman sebaya atau seusia agar dapat saling mengingatkan satu sama lain diantara pemuda.

“Dengan dikukuhkannya saya dan Felis, tentu saja merupakan suatu kebanggan bagi kami yang mayoritas adalah mahasiswa, dan semua itu kami persembahkan untuk Kabupaten Berau,” imbuhnya.

“Tentu saja, pengukuhan ini merupakan langkah awal bagi kami bersama teman-teman dan team, untuk bergerak di Dunia Maya khususnya Blog dan Media Sosial guna menyebarkan seruan-seruan perdamaian, mengcounter isu dan paham radikalisme serta terorisme dengan berbagai tulisan, opini dan hasil desain-desain yang tujuannya untuk kesatuan dan persatuan kaum muda Indonesia,” tandasnya.

Pengukuhan tersebut juga dihadiri Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT RI, Mayjen TNI Abdul Rahman Kadir, empat perwakilan Kedutaan Besar (Kedubes) negara sahabat, yaitu Mr. Zhan Qiang (China), Mr. Long Shen Cai (Singapura), Mr. Mostafa Nakhlaouimr, dan Mr. Samir Taraf Hasim (Iran), juga Wakapolda Kaltim Brigjen Pol. Lukman Wahyu Hariyanto, dan ambassador duta damai dunia maya Kikan Namara.(NR. Dewi/bnc)