Kesehatan Jantung Sangat Berharga, Sayang Banyak Tak Menjaganya

 

JAKARTA – Sehat merupakan hal yang paling berharga bagi diri kita, seringkali kita akan merasakannya setelah kita sakit. Terkadang ketika sehat kita lupa untuk menjaga kesehatan diri kita. Agar tetap sehat, salah satu organ yang sangat penting dijaga adalah jantung. Penyakit jantung termasuk ke dalam penyakit yang membahayakan diri seseorang, bahkan dapat menyebabkan kematian, sehingga kesehatan jantung sangatlah berharga.

Dikutip dari The List, berdasarkan data dari Centers for Disease and Control and Prevention (CDC), ada sekitar 610.000 orang Amerika meninggal setiap tahunnya karena penyakit jantung. Sedangkan di Indonesia sendiri, penyakit jantung adalah penyakit mematikan nomor satu.

Deputi Administrasi Sekretariat Jenderal DPR RI Mardian Umar dalam sambutannya di Seminar Jantung Sehat menyampaikan bahwa kesehatan jantung sangat berharga namun masih banyak yang tidak menjaganya.

"Alhamdulillah, sampai sekarang jantung kita masih bekerja dengan baik, dan itu patut kita syukuri, menjaga jantung kita agar tetap sehat sebenarnya bisa dimulai dari pola hidup sehat kita, misalnya pola makan kita dan olahraga kita," ungkap Mardian saat memberikan sambuta pada acara Seminar Kesehatan Jantung di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (10/11/2017) sebagaimana dikutip beraunews.com dari laman dpr.go.id, Sabtu (11/11/2017).

“Mari kita lebih mengenali diri kita sendiri, setiap orang punya kemampuan dan batas kemampuan, oleh karena itu ukurlah diri kita agar menjaga kondisi medis kita, dan kita jangan berlebih-lebihan dalam makan, tidur dan lain-lain,” ungkapnya.

Lebih lanjut Mardian juga sampaikan, bahwa kesehatan jantung tergantung faktor medis dan psikis seperti pikiran dan emosi kita, jika pikiran dan emosi terganggu, maka itu akan memacu pompa kerja jantung lebih cepat sehingga kesehatan jantung kita bisa terganggu.

"Jika bapak/ibu mau sehat, maka pikiran dan emosi kita harus terkontrol dengan baik karena itu bisa memicu kesehatan kita," pesannya.

Dalam akhir sambutannya, Mardian berpesan agar ilmu yang didapat dalam seminar tersebut bisa dibagikan kepada orang-orang disekitarnya.

"Semoga seminar ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan resmi saya buka," tutupnya.(skr/sc/bnc)