Diguyur Hujan, Upacara Peringatan HUT RI Ke-72 di Pulau Maratua Tetap Hikmat

 

PULAU MARATUA - Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo, turut menghadiri sekaligus menjadi inspektur upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, yang dilaksanakan di Pulau Maratua, Kamis (17/08/2017).

Meski sempat diguyur hujan, upacara yang juga dihadiri Camat Maratua, Wakil Ketua DPRD Berau, sejumlah OPD, PGRI dan tokoh masyarakat tersebut, berjalan lancar.

Sama halnya dengan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kecamatan Maratua, yang sukses mengibarkan bendera merah putih di lapangan sepak bola, Kampung Payung-Payung.

Dikatakan Agus, pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke-72 di Pulau Maratua, menjadi momentum bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Berau untuk terus menjaga kebhinekaan serta persatuan dan kesatuan di daerah masing-masing.

"Pulau Maratua merupakan pulau terluar dari kita. Tapi mereka juga tetap Indonesia. Maka kita harus tunjukkan persatuan itu di semua wilayah yang kita punya," ungkapnya.

Selain itu, ia juga mengatakan, di tahun-tahun berikutnya juga akan kembali dilaksanakan upacara di pulau-pulau yang ada di Berau secara bergiliran.

"Ke depan saya juga pasti akan bergantian melaksanakan upacara kemerdekaan seperti ini ke daerah yang memang agak jauh dari ibu kota kita," ucapnya.

Usai pelaksanaan upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, masyarkat Pulau Maratua bersama pejabat daerah kemudian mengikuti perlombaan tarik tambang. Acara puncak pesta rakyat pun akan digelar malam ini, yang juga kembali dihadiri Wakil Bupati beserta pejabat daerah lainnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia