Sepuluh Wartawan Berhasil Lolos UKW Angkatan XI

 

TANJUNG REDEB- Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XI Provinsi Kaltim, yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Berau, Rabu (16/08/2017), di Pendopo Kecamatan Maratua, akhirnya selesai digelar. Kegiatan UKW tersebut kemudian ditutup langsung oleh Perwakilan PWI Pusat, Junaidi Tjunti Agus.

Sebanyak 10 peserta UKW yang terdiri dari 8 peserta tingkat muda dan 2 peserta tingkat utama, mengikuti berbagai rangkaian ujian dari tim penguji pusat sejak pukul 08.00 Wita pagi hingga pukul 17.00 Wita sore.

Usai menyelesaikan seluruh rangkaian ujian, tim penguji kemudian langsung mengumumkan hasil UKW. Seluruh peserta UKW pun dinyatakan berkompeten dan layak menerima sertifikat UKW.

BACA JUGA : Wartawan Bisa Membuat yang Kecil Jadi Besar, yang Besar Jadi Kecil, Bijaksanalah!!!

Dalam sambutannya, Junaidi Tjunti Agus, menitip pesan kepada seluruh rekan wartawan yang dinyatakan berkompeten, agar dapat melaksanakan tugasnya sebagai wartawan dengan sebaik-baiknya.

Ia juga mengingatkan agar seluruh wartawan yang telah lulus UKW dapat terus meningkatkan profesionalisme pekerjaannya.

"Setelah lulus UKW ini, berarti tanggungjawab dan beban kalian (wartawan-red) semakin bertambah, sebab kalian dianggap telah berkompeten dan harus menunjukkan profesionalismenya. Dan pesan saya, jadilah wartawan yang dapat membawa kebaikan, sebab profesi wartawan ini antara surga dan neraka saja ujungnya," tuturnya.

Sementara Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Kaltim, Irman Rusadi mengatakan, melalui UKW tersebut dapat dilihat kompetensi yang dimiliki wartawan. Sebab dalam UKW, seluruh materi terkait kejurnalistikan diujikan, diantaranya rapat redaksi, menyusun perencanaan liputan, wawancara tatap muka, wawancara cegat, wawancara terjadwal, menulis berita, menyunting berita, hingga membangun jejaring narasumber khusus untuk ditingkat muda.

Ia juga mengucapkan selamat kepada seluruh wartawan yang berhasil menjalani ujian hingga 100 persen.

"Jarang sekali UKW pesertanya lolos 100 persen. Hal ini menunjukkan bahwa wartawan yang mengikuti UKW saat ini memang punya kompeten dibidangnya. Jadi kami ucapkan selamat atas UKW kali ini," ujarnya.

Sebagai informasi, ia pun menyampaikan UKW angkatan XII Provinsi Kaltim, juga akan segera diselenggarakan di Tenggarong, dalam waktu dekat.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: Rita Amelia