Media Sosial Jadi Ladang Penyebaran Video Bullying, Netizen : Kalau Dilihat Anak-Anak Nanti Bisa Ditiru

 

TANJUNG REDEB- Di zaman yang serba modern saat ini, membuat informasi begitu cepat tersebarluas hingga ke berbagai penjuru dunia. Salah satunya melalui media sosial seperti facebook, whatsapp, instagram, youtube dan sebagainya.

Banyak informasi yang dibagikan melalui jejaring sosial mendatangkan dampak positif bagi penerimanya. Namun tak jarang pula, informasi yang dibagikan tersebut justru menjadi bumerang bagi pendidikan mental anak bangsa.

Baru-baru ini, beredar sebuah video amatir di salah satu grup whatsapp. Video berkonten kekerasan tersebut diunggah seorang netizen pada Minggu (13/8/2017), dengan nama pengguna whatsapp SR 66. Dalam video berdurasi 6 menit 53 detik tersebut, tampak seorang remaja mengalami tindak kekerasan dan bullying dari beberapa remaja lainnya.

Sontak kiriman video ke grup whatsapp tersebut mendapat beragam tanggapan dari anggota grup lainnya. Beberapa diantaranya menyayangkan video tersebut disebarluaskan, sebab dianggap dapat menjadi contoh yang tidak baik bagi penontonnya, khususnya yang masih berusia di bawah umur.

“Hal yang demikian ini jangan diekspos, begini ini merupakan kejahatan, perlu dilaporkan kepada pihak yang berwenang. Ini kejadiannya dimana ini, kalau ini Berau perlu dicari tahu dimana ini, kalau di luar daerah tidak perlu diekspos, kalau anak-anak melihat ini bisa di contohnya,” tulis Fahrul Udin.

“Menurut informasi beberapa kawan, ini kejadian di Sumatera Barat (Sumbar). Kadang kita-kita upload begini maksudnya mungkin baik, pengin kita semua hati-hati, tapi kadang kebebasan jadi kebablasan. Bisa jadi mungin kalau dikasih keterangan, tempat dan waktu yang jelas dan tujuan uploadnya apa, jadi tidak ambigu,” tulis Widi Asmoro.

“Maaf, saya termasuk orang yang tidak setuju video begini disebarluaskan. Mungkin sebaiknya dibagikan di kalangan pribad saja, atau langsung dilaporkan ke pihak yang berwenang,” tulis Amran Hadi.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: Rita Amelia