17 Agustus, Bendera Merah Putih Bakal Berkibar di Bawah Laut Maratua

 

TANJUNG REDEB – Upacara pengibaran bendera merah putih yang dipusatkan di Tanjung Redeb dan dipimpin langsung oleh Bupati Berau, Muharram, merupakan salah satu agenda peringatan HUT RI ke-72 di Kabupaten Berau.

Selain itu, rencananya tahun ini juga akan dilakukan pengibaran bendera merah putih di salah satu destinasi wisata unggulan Berau, yakni di bawah laut Maratua, yang dilaksanakan Wakil Bupati Berau bersama sejumlah pejabat dan pencinta selam di Bumi Batiwakkal.
 
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, Mappasikra Mappaseleng, mengungkapkan, rencana pengibaran bendera merah putih di bawah laut ini, selain untuk memeriahkan HUT RI ke-72, juga menjadi media promosi pariwisata bahari Bumi Batiwakkal. Selain mengibarkan bendera merah putih di bawah laut, upacara resmi peringatan detik-detik proklamasi dan pengibaran bendera di Pulau Maratua juga tetap digelar, dimana rencananya akan dipusatkan di lapangan sepak bola Maratua.
 
“Saat ini pemantapan kegiatan terus dilakukan, baik untuk pengibaran bendera di bawah laut maupun upacara di Pulau Maratua,” ungkapnya kepada beraunews.com, Senin (07/08/2017)

 

Pemkab Berau juga mengajak seluruh masyarakat untuk menyemarakkan hari kemerdekaan dengan memasang bendera merah putih di rumah masing-masing selama satu bulan penuh. Sesuai dengan Surat Edaran Nomor 003.1/204/Pem sebagai tindaklanjut dari Edaran Pemprov Kaltim dan Kementerian Sekretariat Negara, diharapkan menyemarakkan bulan kemerdekaan Republik Indonesia.
 
Dalam edaran tersebut, selain diimbau mengibarkan bendera merah putih, juga diimbau untuk memasang umbul-umbul, dekorasi dan hiasan lainnya. Serta memanfaatkan secara maksimal desain logo HUT RI ke-72 yang dapat diunduh di website resmi Sekretariat Negara.
 
“Logo ini bisa digunakan di website, media sosial, stiker di kendaraan dinas instansi pemerintah,” ungkap Kepala Bagian Humas dan Protokol Setkab Berau, Husdiono.
 
Imbauan pemasangan bendera dan umbul-umbul tidak hanya kepada instansi pemerintah, namun juga kepada instansi atau lembaga vertikal, pimpinan badan usaha milik negara maupun milik daerah, perusahaan swasta dan pertokoan. Serta kepada seluruh camat, lurah dan kepala kampung untuk diteruskan kepada Ketua RT dan masyarakat. Sehingga bersama sama menyemarakkan hari kemerdekaan dengan tema Kerja Bersama.(bnc)
 
Wartawan: M.S Zuhrie/Editor: Rita Amelia