Al-Aqsa Diserang Zionis Israel, Berau Bakal Adakan Galang Dana dan Doa Bersama untuk Palestina

 

TANJUNG REDEB – Umat muslim dunia kembali berduka setelah serdadu militer Israel memblokade sejumlah pintu masuk menuju Masjid Al-Aqsa, yang terletak di Kota Lama Yerussalem, Yerussalem Timur.

Puncak pemblokiran dan pelarangan beribadah bagi umat muslim di dalam masjid tersebut terjadi sejak beberapa minggu terakhir yang dipicu oleh permasalahan antara Palestina dan Zionis Israel.

Sontak, tindakan tersebut mendapat banyak kecaman dari berbagai belahan dunia. Meski begitu, hingga saat ini masih terjadi tindak kekerasan dan penyerangan oleh Zionis Israel kepada beberapa warga Palestina, termasuk Imam Syaikh Ikrima Sabri, Imam Masjid Al-Aqsa, usai menjalankan ibadah salat isya beberapa waktu lalu, hingga mengalami luka tembak dan dilarikan ke rumah sakit.

Tak hanya mengecam aksi yang dilakukan Zionis Israel, umat muslim dari berbagai negara pun turut mendoakan keselamatan warga Palestina. Bahkan diantaranya menggalang sejumlah donasi untuk membantu meringankan beban warga Palestina dalam menghadapi kekejaman Zionis Israel demi mempertahankan Masjid Al-Aqsa.

Begitu juga yang dilakukan masyarakat Berau melalui Aliansi Berau Peduli Aqsa yang mengundang seluruh masyarakat Berau untuk menyalurkan bantuan dan simpati terhadap warga Palestina dan Masjid Al-Aqsa sebagai tempat tersuci ketiga bagi umat muslim dunia.

Aksi peduli warga Palestina dan Masjid Al-Aqsa tersebut rencananya akan dilaksanakan usai Salat Jumat (28/07/2017) mendatang, dengan melibatkan sejumlah organisasi masyarakat, tokoh keagamaan, komunitas, mahasiswa dan pelajar serta masyarakat luas lainnya. Selain menggalang donasi, dalam aksi tersebut juga rencananya akan dilakukan orasi terbuka di Jalan APT Pranoto hingga Jalan Jendral Sudirman, Tanjung Redeb.

Diungkapkan Koordinator Aksi, Fery Hayadi, aksi tersebut sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian masyarakat Berau terhadap umat muslim di Palestina. Selain itu, juga akan dilaksanakan doa bersama yang ditujukan kepada seluruh warga Palestina dan demi terjaganya Masjid Al-Aqsa dari serangan Zionis Israel yang dinilai sangat kejam.

"Kenapa kita tergetuk hati untuk melakukan aksi ini? Karena kita ingin meningkatkan kecintaan kepada sesama muslim dan peduli terhadap Masjid Al Aqsa, sebab kiblat pertama umat Islam dan tempat peristiwa isra mi'raj terjadi di Masjid Al-Aqsa," ungkapnya kepada beraunews.com, Rabu (26/7/2017).

Dengan adanya aksi tersebut, ia berharap kepada seluruh masyarakat Berau, terutama kaum muslim untuk turut berpartisipasi dan meneguhkan solidaritas tersebut.

"Al Aqsa harus bebas dari Israel. Mari kita bersatu membantu para saudara muslim kita di sana, karena mereka telah berjuang menjaga dan melindungi Masjid Al-Aqsa dari serangan Zionis Israel," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: Rita Amelia