10 Agustus, 153 Jemaah Haji Berau Siap Berangkat

 

BIATAN – Visa jemaah haji Indonesia gelombang pertama telah siap, dan bertahap akan diberangkatkan mulai 28 Juli-11 Agustus 2017. Bahkan, Kementerian Agama mengaku optimis pengurusan visa pada tahun ini akan berjalan dengan lancar dan terbit sesuai jadwal. Selain itu juga, total kuota jemaah haji Indonesia tahun ini adalah 221.000, terdiri dari 204.000 jemaah haji reguler dan 17.000 jemaah haji khusus.

Lalu bagaimana dengan di Berau. Ditanya demikian, Kepala Bidang Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Berau, Syahman mengatakan, pada tanggal 10 Agustus 2017, Berau akan memberangkatkan 153 orang jemaah haji termasuk petugas kloter.

“Semua persiapan keberangkatan telah siap, tinggal koordinasi lintas sektoral yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah,” ungkapnya saat ditemui beraunews.com, Senin (24/07/2017).

Selain itu, dikatakan Syahman, visa jemaah haji diproses oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Agama Republik Indonesia, tetapi segala administrasi, pasport, imunisasi, dilaksanakan di Berau dan telah selesai semua.

“Tanggal 26-27 Juli 2017, akan kita laksanakan Bimbingan Manasik Haji tingkat Kabupaten Berau, yang akan dilaksanakan di Balai Mufakat dan dibuka oleh Bupati Berau, Muharrami,” katanya.

Dari informasi yang diterima pihaknya dari pemerintah pusat, dikatakan Syahman, gelombang pertama akan terbang menuju Madinah untuk menjalani ibadah Arbain selama 8-9 hari. Setelah itu, mereka secara bertahap diberangkatkan menuju Makkah untuk menjalani proses ibadah haji.

Sementara itu, dari data yang ada, usia tertua jemaah haji Kabupaten Berau, adalah 83 tahun, dan yang termuda berusia 21 tahun.

“Masalah kesehatan, pasti yang berumur lanjut ada saja yang mengidap penyakit, hanya yang beresiko tinggi belum ada, dan pada intinya jemaah dapat berangkat,” tutup Syahman.(bnc)

Wartawan: Miko Gusti Nanda/Editor: Rita Amelia