Minimalisir Tindak Kejahatan, Pembatasan Jaringan Inet Sangat Diperlukan

 

TELUK BAYUR – Siapa yang tidak mengenal warnet? Tempat dimana semua lapisan masyarakat datang saat ingin mengerjakan suatu tugas yang berhubungan dengan internet.

Tak sedikit pula yang menjadikan program jaringan internet bersama di warnet, untuk mengakses situs ataupun konten-konten yang mengandung unsur-unsur negatif seperti pornografi, perjudian online, seksual, narkoba dan konten-konten yang berbau negatif lainnya.

Apalagi jika situs-situs tersebut dibuka oleh anak-anak di bawah umur, akan berakibat fatal. Oleh karena itu, para pemilik warnet perlu melakukan langkah yang sigap guna mengurangi jumlah pengaksesan situs-situs nakal.

Pantauan yang dilakukan beraunews.com, hanya beberapa warnet di Kabupaten Berau yang melakukan pembatasan akses jaringan internet yang berbau negatif tersebut.

“Ya namanya juga kita buka usaha warnet ini, tentu yang kita utamakan adalah kenyamanan pengunjung. Jika dibatasi, yang ada malah pengunjung tidak betah,” ucap salah satu pemilik warnet, Ida, ketika ditemui beraunews.com, Senin (10/07/2017).

Jika berbicara masalah kebersihan situs yang diakses, mungkin contoh kecilnya adalah salah satu warnet yang berada di Jalan Kampung Cina Teluk Bayur, dimana si pemilik warnet memiliki suatu jaringan untuk memfilter apabila terdapat situs ataupun konten yang berbau negatif.

“Untuk pembatasan konten negatif di ini, kita menggunakan sistem DNS bersih, dimana hardware yang digunakan tidak sama dengan yang digunakan pada umumnya,” ucap pemilik warnet, Muhammad Purwanto.

Sistem pembatasan jaringan ini memiliki kelebihan yang sangat besar, yakni untuk mengurangi rusaknya moral anak-anak yang keseringan membuka situs negatif, juga mengurangi adanya sindikat-sindikat yang bekerja dengan menggunakan jaringan internet yang berada di daerah Kabupaten Berau sendiri.

“Saya pribadi berharap dan juga mengajak agar pemilik warnet-warnet ataupun perusahaan-perusahaan besar yang bekerja dengan jaringan internet, khususnya di Kabupaten Berau, untuk dapat menggunakan sistem program pembatasan jaringan internet DNS bersih tersebut, agar ke depannya juga jaringan internet di Kabupaten Berau bersih dari situs maupun konten yang berbau negatif,” tutupnya.(bnc)

Wartawan: Miko Gusti Nanda/Editor: R. Amelia